25 Tenaga Kesehatan Bojonegoro Positif Corona

20732

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Bojonegoro – Dari 48 orang terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, 25 orang diantaranya adalah tenaga kesehatan. Rinciannya, 4 orang dokter, 12 orang bidan, 8 orang perawat, dan 1 orang analis kesehatan.

Tenaga kesehatan positif corona itu di antaranya bekerja di Puskesmas Pumpungan, Trucuk, RSUD Sosodoro Djatikoesomo, dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Lakesda) Bojonegoro. 

Akibatnya dua puskesmas ditutup dan pelayanan dialihkan ke puskesmas lainnya. Sedangkan pelayanan untuk Lakesda ditutup sementara selama dua pekan kedepan.

“Semua sudah kita tracing dan lakukan penangangan sesuai protokol Covid-19,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin, Selasa (18/8/2020).

Dijelaskan 25 tenaga kesehatan positif corona ini masuk dalam kluster tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) Sukolilo Surabaya.

“Itu bukan klaster baru. Nakes sudah ada sebelumnya,” tegas Masirin. 

Selain TKHI, lanjut dia, ada lima klaster penularan corona di Bojonegoro. Yakni klaster pasar, pendatang luar kota, aparatur sipil negara (ASN), dan pekerja migas. 

Baca Juga :   KPA Bojonegoro : Per Oktober 2019 Jumlah Penderita AIDS Sebanyak 138 orang

Masirin menyampaikan, sebanyak 4 orang hari ini dinyatakan terinfeksi virus corona. Mereka berasal dari Kecamatan Kalitidu 2 orang, Kecamatan Kapas 1 orang dan Kecamatan Dander 1 orang. 

“Hari ini tidak ada pasien yang dinyatakan sembuh. Sehingga kasus konfirmasi positif 48 orang,” jelasnya.

Sedangkan kasus positif secara kumulatif sebanyak 297 orang, meliputi aktif (dirawat) 48 orang, sembuh 218 orang dan meninggal dunia 31 orang. 

“Untuk kasus suspect sebanyak 51 orang,” ucapnya.

Masirin mengimbau kepada seluruh masyarakat Bojonegoro untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona yang dianjurkan pemerintah. 

“Gunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, jaga jarak, biasakan cuci tangan,” pesan pria yang menjabat Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Bojonegoro itu.(suko)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *