MCL – SPeKTRA Serahterimakan Fasilitas Air Bersih

serahterima airbersih

SuaraBanyuurip.comSamian Sasongko

Bojonegoro – Mobil Cepu Limited (MCL), operator migas Blok Cepu bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) SPeKRa Surabaya, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan PDAM dan Dinas Kesehatan Bojonegoro mersemikan sekaligus menyerahterimakan program bantuan aur bersih perdesaan kepada tiga desa Ring 1 Lapangan Banyuurip – Jambaran, yang di pusatkan di SDN 3 Gayam, Rabu (27/06/2012). Tiga desa itu adalah Desa Gayam, Mojodelik, dan Bandungrejo, Kecamatan Ngasem.

Biaya pembangunan sarana air berish bagi warga sekitar pemboran tersebut mencapai Rp. 900 juta yang merupakan program community development (Comdev) MCL.

Elviera Putri, Deputy Manager MCL mengatakan, program air bersih ini merupakan program MCL pengembangan masyarakat bidang kesehatan, selain dua pilar program lainya yakni bidang pendidikan dan ekonomi.

“Program air bersih ini dilaksanakan sejak bulan Juni 2011 dan diselesaikan bulan Mei 2012,” ujar Elviera Putri.

Dia menjelaskan, water tower di Desa Gayam yang dibangun ini berkapasitas 48 meter kubig air. Dengan jumlah pemanfaat sebanyak 484 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan untuk Mojodelik dan Bandungrejo masing-masing berkapasitas 18 meter kubig air.

Baca Juga :   Menjawab Tantangan Kesehatan Masyarakat

“Selain dapat membantu masyarakat dimusim kemarau, diharapakan dengan program ini akan dapat meningkatkan derajat kesesehatan warga,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono menegaskan, program air bersih yang telah diresmikan bisa bermanfaat bagi warga di tiga desa tersebut. Karena, kebutuhan air sangat luar biasa bagi warga sekitar Blok Cepu. Apalagi menjelang bulan Juni biasanya kebutuhan air bersih mulai sulit diperoleh warga.

“Mudah-mudahan dengan program air bersih ini warga sekitar pemboran tak lagi kesulitan mencari air bersih seperti tahun lalu,” ungkap Styo Hartono sembari berpesan agar agar fasilitas tersebut dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Peresmian program air bersih itu ditandai dengan pemutaran kran air dan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati kemudian diberikan kepada Kades Gayam Pujiono dan pengurus air bersih desa Mojodelik dan Bandungrejo. Hadir diacara seremoni itu Feni K. Indiharti, MCL PGA Communications Advisor, Camat Ngasem Setyo Yuliono, Kades Mojodelik Sandoyo, Plh Kades Bandungrejo, Kapolsek Gayam AKP Sudirman dan tokoh masyarakat dari tiga desa yang mendapatkan bantuan program. (suko)

Baca Juga :   Pelayanan Kesehatan Gratis Ditangani BPJS

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *