SMK Bina Harapan Kunjungi Laboratorium Pemboran PPSDM Migas

user
nugroho 30 Mei 2022, 17:52 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Memiliki fasilitas lengkap seperti laboratorium, kilang minyak, bengkel, ruang kelas, perpustakaan, dan beberapa fasilitas olahraga yang tersedia membuat PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Manusia Minyak dan Gas Bumi) menjadi sarana latihan dan pembelajaran yang tepat bagi para pelajar.

Pada Senin, 23 Mei 2022, PPSDM Migas kembali menerima kunjungan lapangan dari SMK Bina Harapan Sleman Jogjakarta. Kedatangan para pelajar dari Kota Gudeg  itu untuk mengunjungi beberapa fasilitas di PPSDM Migas untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran terkait materi kurikulum yang mereka pelajari di sekolah.

Rombongan pelajar SMK Bina Harapan memulai kunjungan pada pukul 13.30 dimulai dari Laboratorium Pemboran, RIG, dan terakhir mengunjungi Kilang PPSDM Migas. Kunjungan berlangsung selama 2 jam dengan didampingi oleh para pengajar yang menjelaskan seputar spot kunjungan yang didatangi.

Laboratorium Pemboran PPSDM Migas saat ini telah terafiliasi dengan Well Control IADC dan Well CAP USA. Saat berada di laboratorium pemboran, siswa SMK Bina Harapan mendapat penjelasan seputar alat yang digunakan di lapangan dan bagaimana penggunaan yang tepat agar lebih memudahkan pekerjaan.

Syamsul Hadi Alam, salah seorang instruktur di laboratorium pemboran PPSDM Migas menjelaskan beberapa komponen penting yang tidak boleh disepelekan.

“Saat terjun ke lapangan nanti, jangan memikirkan jenis alat yang digunakan, tetapi lihat fungsi dan efisiensi alat yang dapat memudahkan pekerjaan. Seperti alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besarnya lubang awal sumur, ada beberapa satuan alat ukur yang ada tetapi jangan sampai salah memilih satuan ukur, karena akan berdampak dengan proses perhitungan.” jelasnya.

Setelah menerima penjelasan seputar pemboran, siswa SMK Bina Harapan menuju ke lokasi Kilang PPSDM untuk melanjutkan perjalanan kunjungan.

Usai melakukan kunjungan di PPSDM Migas, diharapkan setiap peserta kunjungan mendapatkan insight dari penjelasan para pengajar dan menambah wawasan serta pengalaman mereka untuk diterapkan di bidang terkait.(adv/suko)


Kredit

Bagikan