PPSDM Migas Kerja Sama dengan BPH Migas Adakan Bimtek dan Sertifikasi Inspektur Pipa Penyalur

user
nugroho 24 Mei 2022, 13:50 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pembukaan Pelatihan Bimtek (Bimbingan Teknis) dan Sertifikasi Inspektur Pipa Penyalur kerjasama antara Direktorat Gas Bumi, BPH Migas dan PPSDM Migas Angkatan I diYogyakarta diadakan pada hari Senin, 23 Mei 2022 secara offline dan zoom meeting. Pembukaan dihadiri oleh Direktur Gas Bumi BPH Migas Sentot Harijady via zoom meeting, Koordinator dan Sub Koordinator BPH Migas, Pelaksana, Manajemen PPSDM Migas, Perwakilan Badan Usaha dan peserta bimtek.

Koordinator Program, Perencanaan, Standarisasi dan Kerja Sama PPSDM Migas, Agus Alexandri mengungkapkan bahwa bimtek ini diadakan karena industri migas memercayai PPSDM Migas mengembangkan SDM di sektor ini.

“Bimtek dan Setifikasi Inspektur Pipa Penyalur dilaksanakan sebanyak 28 jam pelajaran terdiri dari 20 jam teori dan 8 jam praktik. Tenaga pengajar berasal dari Praktisi, PT. Pertamina, dan pejabat fungsional widyaiswara. Industry gas bumi saat ini berkembang dengan sangat pesat dengan teknologi dan tantangan yang semakin tinggi dan PPSDM Migas diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan Bimtek dan Sertifikasi ini secara offline untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia industri migas Indonesia, khususnya pada kegiatan lingkup Distribusi Gas Bumi yang ada dalam pengawasan Direktorat Gas Bumi BPH Migas,” ungkapnya pada pembukaan bimtek ini pada Senin (24/05/22).

Ia juga menekankan bahwa pengembangan SDM harus terus meningkat dan tidak stagnan karena dunia migas itu sangan dinamis.

PPSDM Migas, lanjut Agus, sebagai penyelenggara pengembangan sumber daya manusia juga harus mampu beradaptasi secara dinamis melakukan continual improvement dari sisi sumber daya manusia dan sarana, memperbanyak kolaborasi dan memperluas jejaring kerja sama.

"Semoga program ini dapat berkelanjutan dan PPSDM Migas bisa ikut berperan aktif dalam rangka membantu meningkatkan pengembangan SDM di sektor Hilir Migas khususnya bidang Jargas (jaringan gas). Serta ikut memberikan pelayanan dan pembekalan pengetahuan kepada Badan Usaha operator Jargas yang tersebar di Kabupaten/Kota sebagai bentuk dukungan dan kerjasama BPH Migas dalam upaya peningkatan pemanfaatan gas (accessibility) melalui pendistribusian produk/komoditas gas dan layanan oleh Badan Usaha untuk pemenuhan kebutuhan domestic terutama rumah tangga dan pelanggan kecil,” imbuhnya.

Bimtek ini diikuti oleh 18 orang peserta yang berasal dari Perusahaan Gas Negara, Pertamina Gas, Pertagas Niaga, Perta Daya Gas, Persada Agung Energi, Transportasi Gas Indonesia, Energasindo Heksa Karya, Surya Energi Parahita.(adv/suko)


Kredit

Bagikan