Pekerja Migas Ikuti Pelatihan Loading Master di PPSDM Migas

user
nugroho 23 Mei 2022, 11:27 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Loading Master adalah seorang ahli yang bertanggung jawab melaksanakan muat (loading) dan bongkar (unloading) pada kompartemen, tangki darat maupun di kapal. Pekerjaan ini sangat essensial terlebih di sub sektor minyak dan gas bumi (Migas) yang memiliki risiko tinggi.

PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Manusia Minyak dan Gas Bumi) memberikan Pelatihan Loading Master yang diikuti oleh pegawai di sub sektor migas. Dalam pelatihan yang berlangsung selama 3 hari melalui platform zoom meeting tersebut, para pengajar memberikan penjelasan mengenai loading master, teknik komunikasi migas, dan metering development.

Peserta Pelatihan mengikuti serangkaian acara pelatihan dengan baik. Dibuktikan dengan keaktifan mereka menjawab beberapa pertanyaan dan melakukan diskusi bersama para pengajar.

Dengan respon yang aktif, diharapkan para peserta akan semakin menyerap materi yang disampaikan dan memudahkan mereka saat melaksanakan ujian sertifikasi nantinya.

Para peserta juga dilatih untuk mampu menjawab pertanyaan teoritis dan yang bersifat praktek dalam pelatihan Loading Master.

Unggul Nugroho, sebagai salah satu pengajar dalam Pelatihan Loading Master memaparkan secara detail seputar gas matering station.

“Gas matering station terdiri dari instrument inlet manifold, instrument cabinet, junction box, matering computer, dan electric cubicle. Keseluruhan komponen gas matering station perlu diperhatikan dan dan diberikan treatment yang tepat agar tidak timbul permasalahan di lapangan,” jelasnya.(adv/suko)



Kredit

Bagikan