Pahami Teknik Juru Ikat Beban, Conoco Philips Ltd Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

user
nugroho 18 Mei 2022, 16:13 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - s suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Juru Ikat Beban untuk program Conoco Philips (Grissik) yang dilaksanakan pada (18/05/22).

Tujuan pelatihan ini untuk menambah pemahaman peserta mengenai Juru Ikat Beban. Sebab di dalam teknik Juru Ikat Beban adanya Alat Pesawat Angkat yang digunakan untuk mengangkat, menggantung sementara, memindahkan, menurunkan, dan juga meletakan beban, misalnya crane.

Sriwaluyo Handayani, sebagai pengajar pada pelatihan tersebut menjelaskan mengenai pengetahuan mengenai Pesawat Angkat.

“Dalam Perencanaan Operasi menentukan Pesawat Angkat adalah di jenis dan kapasitas yang digunakan, kemudian untuk menyeleksi peralatan rigging yang akan digunakan adalah harus disesuaikan dengan beban yang akan diangkat, dengan jenis pengikatan disisi tengah agar beban yang diangkat stabil, untuk menentukan rute dengan menentukan keadaan memilih rute atau trafic yang aman,” ungkapnya.

Sriwaluyo kemudian menjelaskan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3) Industri Migas.

“Sebagai tanda keselamatan dan kesehatan kerja, adanya syarat keselamatan seperti dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan, memberi pertolongan pada kecelakaan, dan memberi alat alat perlindungan diri dan sebagainya,” tambahnya.

Selain itu pelatihan Juru Ikat Beban dilengkapi dengan materi tentang Simbol Komunikasi dan Hand Signal, Pengetahuan Alat Bantu Angkat, Dasar Rigging dan Pengolahan Beban dan juga Teknik Pengikatan Beban.(adv/suko)


Kredit

Bagikan