Uji Kompetensi Inspektur Migas Kementerian ESDM Diadakan di PPSDM Migas

user
nugroho 17 Mei 2022, 18:05 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) kembali mengadakan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan untuk Fungsional Inspektur Migas yang dibuka pada Selasa (17/5/2022).

Pembukaan uji kompetensi diawali dengan welcoming speech dari Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto. Ia mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta uji kompetensi.

“Silakan menikmati cepu selama mengikuti uji kompetensi di sini dengan PIC Mas Yudhi. Mudah-mudahan uji kompetensi ini berjalan dengan lancar baik itu yang naik maupun alih jabatan. Dan begitu juga nanti pak Dirtekling Migas Ditjen Migas KESDM akan ke Cepu nanti sore yang akan membahas beberapa agenda kerja sama dengan kami,” sambut Kepala PPSDM Migas mengawali acara tersebut.

Selanjutnya Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), Wawan Supriatna menjelaskan bahwa banyak sekali kegiatan BPSDM ESDM yang dilakukan untuk mendukung pegawai. Berdasarkan peraturan Menteri PAN RB 13 tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan, dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil bahwa persyaratan untuk kenaikan jenjang jabatan itu wajib memenuhi angka kredit dan harus lulus uji kompetensi.

“Uji kompetensi ini adalah pengukuhan dan penilaian terhadap kompetensi teknis terkait essay terkait bidang manajerial, sosial, kultural dari seorang pejabat fungsional dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam jabatannya,” tuturnya mengawali sambutannya pada Selasa (17/5/2022).

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa uji kompetensi ini dilakukan berkat kerja sama antara berbagai pihak di lingkungan KESDM dan diharapkan peserta uji kompetensi pada kenaikan jenjang ini dan juga pemindahan jabatan fungsional inspektur migas mendapat pengakuan dan penghargaan dari luar KESDM.

Uji kompetensi jabatan fungsional Inspektur migas dan Inspektur ketenagalistrikan dengan 9 peserta yang terdiri dari perpindahan jabatan 2 pejabat fungsional di lingkungan badan litbang dan juga kenaikan jenjang yang mana 4 orang fungsional migas ahli muda dan 3 orang fungsional migas ahli pertama di lingkungan ditjen migas.

“Saya berharap kenaikan jenajng ini dapat meningkatkan kompetensi peserta dengan banyaknya kendala - kendala yang terjadi tentu tidak lepas dengan adanya peran inspektur migas. Yang terpenting adalah kompetensi saudara itu dapat dimanfaatkan dan dikontribusikan di institusi dan perusahaan yang ada di industry migas di Indonesia. Untuk kami harapkan kompetensi saudara betul-betul meningkat tidak hanya kenaikan jabatan saja,” jelasnya sebelum membuka uji kompetensi ini secara resmi.

Uji kompetensi yang dilakukan dari tanggal 17 Mei sampai dengan 19 Mei 2022 ini, terdiri dari pembekalan materi, uji tulis essay terkait bidang Manajerial, Sosial, Kultural, presentasi dan juga wawancara untuk peserta.(adv/suko)


Kredit

Bagikan