IDFoS Indonesia Bersama SKK Migas dan Pertamina EP Cepu Launching Buku BUMDes

user
nugroho 17 Mei 2022, 17:05 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - IDFoS Indonesia bersama SKK Migas dan Pertamina EP Cepu melaunching buku berjudul Menetas, Tumbuh, dan Berkembang di Jambaran Tiung Biru. Acara digelar di Hotel Eastern Bojonegoro, Selasa (17/5/2022).

Direktur IDFoS Indonesia Joko Hadi Purnomo mengatakan, penulisan buku BUMDes berjudul Menetas, Tumbuh, dan Berkembang di Jambaran Tiung Biru, ini dilakukan dengan berbagai tahapan. Yakni mulai dari koordinasi dengan para pihak dan metode penelitian yang digunakan.

"Sebab, proses pendampingan dilakukan selama tiga tahun. Sehingga, harus dilakukan pengumpulan data untuk menjadikan buku agar tercatat," katanya.

Di mengatakan, tentu ada banyak hal yang perlu dibenahi dalam penulisan buku ini. Maka, agar bisa menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk mewujudkan cita-cita ideal BUMDes dibutuhkan suatu kerja sama strategis dengan multipihak.

"Baik antara pemerintah desa, pemerintah kabupaten, BUMDes, perusahaan, dalam hal ini adalah Pertamina EP Cepu, dan masyarakat sipil (civil society organization/CSO/NGO)," kata Joko sapaan akrabnya.

Dia mengatakan, salah satu aspek penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yang direncanakan untuk dikembangkan adalah menyangkut keberlanjutan kehidupan. Yakni untuk dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, JTB Site Office & PGA, Edy Purnomo mengatakan, dari kegiatan launching buku ini bisa menumbuhkan kembangkan pemberdayaan masyarakat terutama para peternak ayam petelur atau BUMDes.

"Harapannya bisa berkembang di seluruh Indonesia dan dapat memberikan manfaat di sekitar masyarakat," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan