Ditjen Migas Gelar Festival EOR 2022, Berikut Syaratnya

user
nugroho 13 Mei 2022, 10:36 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Jakarta - Ditjen Migas Kementerian ESDM menggelar Festival EOR (Enhanced Oil Recovery) 2022. Festival ini merupakan ajang pengakuan dari Pemerintah dan Industri Migas Nasional kepada kontraktor kontrak kerja sama (K3S) dan technology provider atas upaya-upaya yang telah dilakukan dalam implementasi teknologi EOR.

Kegiatan yang dapat disertakan dalam festival ini adalah kegiatan implementasi EOR yang telah berhasil dilaksanakan baik pada skala laboratorium maupun pada skala lapangan. Implementasi lapangan mencakup skala sumuran yang merupakan bagian dari rencana implementasi full field dan skala antar sumur di mana minimal terdapat satu sumur injeksi dan satu sumur produksi.

Berikut Teknologi EOR yang dapat diikutkan dalam festival :

1. Teknologi injeksi kimia menggunakan polimer, surfaktan, dan alkalin secara tunggal atau perpaduan dua atau tiga bahan kimia tersebut.

2. Teknologi injeksi gas yaitu proses pendesakan minyak dengan fluida gas. Gas yang umum digunakan adalah gas CO2, N2, LPG, dan flue gas. Injeksi gas untuk pressure maintenance tidak termasuk dalam kategori ini.

3. Teknologi injeksi panas yaitu proses pengurasan minyak pada reservoar minyak berat dengan viskositas tinggi. Panas dapat disuplai dari luar reservoar melalui injeksi uap panas atau air panas atau dapat dibangkitkan dalam reservoar itu sendiri melalui pembakaran.

4. Teknologi microbial enhanced oil recovery (MEOR) yaitu penggunaan mikroba untuk peningkatan pengurasan minyak.

5. Teknologi EOR non-konvensional diantaranya advanced waterflood, vibroseismik, dan lainnya.

Berikut formulir dan kirimkan ke alamat email:

eorAward@gmail.com atau eorAward@esdm.go.id

Kredit

Bagikan