PPSDM Migas Bekali ASN KESDM tentang Manajemen Proyek Gas Bumi

user
nugroho 12 Mei 2022, 11:18 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Manajemen Proyek Gas Bumi, sebagai sektor penting di dalam pembangunan baik dalam pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri sehingga pengelolannya perlu dilakukan secara optimal mungkin.

Untuk memahami hal ini secara menyeluruh, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) telah mengadakan pelatihan Manajemen Proyek Gas Bumi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang diadakan pada Senin (9/5/2022).

Sri Wahyu Purwanto, sebagai pengajar pada Pelatihan tersebut menjelaskan mengenai Manajemen Proyek Konstruksi Pipa Gas Bumi.

“Di dalam Kontruksi pipa gas adanya mitigasi resiko yang harus dilakukan seperti Mempercepat Proses Perizinan, Konsolidasi antara Operator, Kontraktor dan User, kemudian membuat Standard Operating Procedure (SOP) dan menerapkan HSE yang ketat,” ungkapnya.

“Perbedaan saat di Manajemen Proyek Pipa Gas dengan yang lain, sebenarnya Proyek Pipa Gas tersebut ada Perencanaan, kemudian Controling dan Planning, dan step - step lainnya serta di dalam perencanaan tersebut sama seperti di Kilang tetapi tingkat kesulitan berbeda-beda, jika pada Pipa Gas lebih sederhana tetapi pada Kilang lebih rumit karena barangnya tidak ready stok,” tambahnya.

Selain itu pelatihan Manajemen Proyek Gas Bumi dilengkapi dengan materi tentang Proses Permunian Gas Bumi, Proyeksi Kebutuhan Jaringan Pipa Gas Bumi, Perencanaan Proyek Pembangunan Pipa Gas Bumi dan ditambah dengan materi lainnya yang berhubungan dengan Manajemen Proyek Gas Bumi.(adv/suko)


Kredit

Bagikan