PPSDM Migas Improve Skill Juru Ikat Beban untuk ASN-nya

user
nugroho 11 Mei 2022, 11:51 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) berkomitmen untuk terus mengembangkan SDM untuk personel di industri migas, begitu juga untuk internal pegawainya dengan mengadakan pelatihan Juru Ikat Beban yang dilanjutkan sertifikasi kompetensi.

Pelatihan dilaksanakan pada 25 April 2022 lalu, selama tiga hari dengan cakupan materi tentang Pengetahuan Pesawat Angkat, K3 Industri Migas, Praktek/Peragaan Kegiatan Rigging, Pengetahuan Alat Bantu Angkat, Dasar Rigging dan Pengelolaan Beban, Teknik Pengikatan Beban, Simbol Komunikasi & Hand Signal.

Pengajar pelatihan ini, Yamu’alim menjelaskan bahwa para pegawai harus terus ditambah lagi kompetensinya dan untuk terus aware mengenai standard operating procedure sebagai Juru Ikat Beban (Rigger).

“Dalam pelatihan ini peserta pelatihan akan mendapat materi baik itu secara teori maupun praktik langsung di lapangan. Untuk teori di kelas peserta juga mendapatkan materi tentang alat bantu angkat, angkut dan ikat beban. Alat bantu angkat atau loading handling device adalah terdiri dari susunan peralatan yang digunakan untuk menghandle beban yang disesuaikan dengan kebutuhan pengangkatan agar aman,” ulasnya ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu (11/5/2022).

“Macam atau jenin alat bantu angkat, angkut dan ikat beban antara lain hook, sling, shackle, eye bolt, dan turnbuckle. Pada bagian ini dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan masing perlatannnya sehingga seorang rigger dapat mengetahui kondisi aman kapan harus mengganti peralatan dengan yang baru,” tutupnya.(adv/suko)


Kredit

Bagikan