PEM Akamigas Perluas Kerja Sama dengan PT Ailima

user
nugroho 29 April 2022, 18:56 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas bakal memperluas kerja sama degan PT Anugerah Indonesia Lima (Ailima) dalam peningkatan kualiatas Sumber Daya Manusia (SDM) dan lainnya di bidang Migas dan Energi Terbarukan. Pembasahan kerja sama tersebut dilaksanakan secara virtual pada Rabu 27 April 2022.

Wakil Direktur I PEM Akamigas, Erdila Indriani menyampaikan bahwa kerja sama antara PEM Akamigas dengan  PT Ailima sebenarnya telah terjalin. Namun itu khusus pada Program Studi Teknik Produksi Migas untuk pengembangan SDM dan dosen praktisi, PKL dan penggunaan aplikasi Jiwa Flow dalam metode perkuliahan.

Harapannya, dengan pertemuan tersebut bisa dijalin kerja sama yang lebih luas mencakup semua Program Studi, khususnya dengan rencana pembukaan Prodi Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (TRET) di PEM Akamigas.

“Banyak hal yang harus dipenuhi untuk proses pembukaan prodi TRET ini. Salah satunya adalah dukungan teknis dari para stakeholder sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Vokasi Kemendikbud,” kata Erdila.

Beberapa bidang yang bisa dijadikan lingkup kerja sama ini antara lain, memberikan masukan. Untuk penyusunan kurikulum berbasis standar kompetensi dan keterlibatan penerimaan mahasiswa baru. Khususnya bidang energi baru dan terbarukan. Disesuaikan dengan kebutuhan industry, bantuan tenaga pengajar, memberikan masukan untuk lowongan magang/PKL dan perkerjaan, berkolaborasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia baik tenaga pengajar maupun mahasiswa, dan bidang lain yang disepakati bersama.

Sementara itu, Chief of Business Officer PT Ailima, Jessica menyampaikan, selama ini PT Ailima memang telah menjalin kerja sama secara spesifik terkait panas bumi dan penggunaan software geo-learning dengan PEM Akamigas.

"Malah akan lebih baik jika kerja sama ke depan ini ada payung hukumnya, artinya tidak spesifik di Teknik Produksi saja," tandasnya.

Untuk diketahui, PT Ailima adalah satu konsultan teknis yang bergerak bidang pengembangan proyek panas bumi mulai dari eksplorasi hingga operasi untuk banyak perusahaan panas bumi terkemuka. PT Ailima berfokus untuk membawa inovasi yang berkualitas tinggi agar lebih mudah diakses oleh mahasiswa, praktisi industri, dan pemangku kepentingan.(ams)

Kredit

Bagikan