Tingkatkan Koordinasi Amankan Pasokan dan Distribusi BBM Selama Mudik

user
nugroho 23 April 2022, 22:26 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Jakarta - Kementerian ESDM meminta kepada Pertamina berkoordinasi dengan lintas sektoral untuk mengamankan pasokan dan distribusi BBM selama arus mudik lebaran Idulfitri 2022. Tujuannya agar kebutuhan energi bagi masyarakat terpenuhi.

"Saya minta Pertamina dan pengelola SPBU meningkatkan kordinasi dengan pihak terkait. Seperti Kementerian Perhubungan, pengelola jalam tol seperti Jasa Marga dan Kepolisian dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM selama arus mudik," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam kunjungan ke Integrated Terminal BBM Pertamina Area Jawa Tengah di Semarang dalam keterangan tertulisnya.

Dirjen Migas juga menyampaikan ke pengelola-pengelola SPBU di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat yang dikunjunginya dalam rangka memantau kesiapan BBM selama arus mudik 2022.

"Koordinasi dengan kepolisian setempat supaya distribusi BBM berjalan lancar. Demikian pula jika terjadi antrean," kata Dirjen Migas pada Moch Abidin, Pengawas SPBU 5.462.210 Paciran, Jawa Timur.

Sementara untuk SPBU di jalan tol, para pengelola mengaku telah berkoordinasi dengan Dishub dan Polres setempat, serta pihak Jasa Marga selaku pengelola jalan tol. Kerja sama ini tak hanya untuk mengatur antrean pembelian BBM, tetapi juga bantuan untuk mengamankan tangki BBM yang akan menuju SPBU.

"Kita minta dispensasi dan bila perlu dengan pengawalan untuk membuka jalan ketika membawa tangki BBM, supaya bisa masuk ke SPBU. Ini terutama ketika jalur oneway," aku pengelola SPBU 101B.

Dalam diskusi dengan pengelola SPBU, Tutuka juga mengingatkan agar menambah jumlah tenaga kerja yang akan melayani konsumen BBM. Sebagian besar pengelola mengaku menambah tenaga kerja hingga dua kali lipat, di mana setiap harinya terbagi dalam 3 shift.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dalam siaran persnya menjelaskan, untuk mengamankan pasokan BBM di Jawa Bagian Barat, Pertamina menyediakan 12 titik SPBU Modular dengan total sebanyak 25 unit. Selanjutnya sebanyak 95 Pertamina Delivery Service (Motorist) sebanyak 111 unit motor siap disiagakan, serta 63 SPBU Kantong (Mobile Storage).(suko)


Kredit

Bagikan