PT Kilang Pertamina Internasional Kirim Pekerjanya Ikuti Pelatihan Operator Pengujian Air

user
nugroho 19 April 2022, 15:54 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Air merupakan kebutuhan primer bagi manusia terutama kebutuhan akan air tanah. Kualitas air tanah perlu diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif terhadap Kesehatan. Oleh karena itu mengetahui kualitas air perlu dilakukan, sehingga Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dan PT Kilang Pertamina Internasional mengadakan pelatihan Operator Pengujian Air pada Senin (11/4/2022).

Rieza Mahendra Kusuma, pengajar pelatihan ini menyampaikan bahwa tujuan pelatihan Operator Pengujian Air adalah memberikan penyegaran kepada peserta tentang teori praktis dan praktek pengujian air di laboratorium untuk pekerja yang melaksanakan pengujian air di laboratorium.

Dia menjelaskan materi yang diberikan kepada peserta pelatihan beberapa diantaranya adalah tentang persiapan pengambilan contoh yang dimulai dari tahap perencanaan meliputi peralatan pengambil contoh, peralatan analisis lapangan, peralatan pendukung, wadah contoh pengawet, pengendali mutu, serta rekaman lapangan. Sebagai contoh persiapan peralatan pengambilan contoh secara umum adalah bahwa peralatan terbuat dari bahan yang tidak memengaruhi sifat contoh.

Selain itu, lanjut dia, peralatan mudah dicuci dari bekas contoh sebelumnya dan mudah contoh mudah dipindahkan ke dalam botol penampung tanpa sisa bahan tersuspensi di dalamnya. Sebagai tambahan peralatan yang digunakan itu mudah dan aman untuk dibawa serta tidak mudah pecah ataupun bocor.

"Dan kapasitas alat tergantung dari tujuan pengujian,” ucap Rieza ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (18/4/2022).

Materi lainnya dalam pelatihan ini adalah tentang Pengetahuan tentang Air, Analisa Konvensional, Sistem Mutu Laboratorium, Aplikasi K3LL di Laboratorium, Sampling Air, dan Analisa Instrumental.(adv/suko)


Kredit

Bagikan