Pekerja EMCL Pahami SOP Rigging di PPSDM Migas

user
nugroho 19 April 2022, 11:48 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora- Juru Ikat Beban (Rigger) memainkan peranan penting di sektor industri migas. Rigging adalah suatu pekerjaan yang sistematis dan terencana untuk memindahkan objek angkat dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan satu atau beberapa perlatan.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyelenggarakan pelatihan Juru Ikat Beban selamat dua hari dimulai dari Senin (11/4/2022) dan dilanjutkan oleh sertifikasi di LSP PPSDM Migas.

Pekerjaan rigging sangatlah penting dalam konstruksi berat maupun konstruksi ringan mengingat potensi bahaya yang tinggi pada proses pekerjaan pengangkatan dan pengikatan karena mempunyak resiko yang besar terjadinya kecelakaan.

Sri Waluyo Handayani, course leader pelatihan ini menyampaikan bertujuan agar peserta dapat memahami tentang teori praktis operasi ikat beban di kegiatan industri migas sesuai dengan standard operating prosedur untuk pekerja dengan minimal pendidikan dan pengalaman kerja yang cukup sebagai Juru Ikat Beban (Rigger).

"Untuk memahami materi, kami jelaskan tentang ap aitu hook dan jenis materinya. Seperti dengan menggunakan baja karbok. Hook yang terbuat dari bahan baja karbon mempunyai unsur pembentuk Fe (Ferro) dan C (Carbon). Di sini baja karbin paduan dibagi menjadi Low Carbon Steel. Baja ini lunak dan tidak dapat dikeraskan, dapat ditempa, dituang, mudah dilas, dan dapat dikeraskan permukaannya. Medium Carbon Steel yang baja jenis ini dapat dikeraskan dan ditempering serta dapat dilas. High Carbon Steel ini merupakan baja yang lebih mudah dan cepat dikeraskan dari pada bahan yang lainnya serta memiliki kekerasan yang baik, dan sangat susah untuk dilas. Itulah beberapa materi mengenai hook,” jelasnya.

Materi lainnya dalam pelatihan ini adalah Pengetahuan K3 Industri Migas, Dasar rigging/signal man & pengetahuan pesawat angkat, Operasi kran & hand signal, Alat bantu angkat, Pengelolaan beban & mekanika teknik dan Material handling.(adv/suko)


Kredit

Bagikan