PPSDM Migas Berikan Pelatihan Perawatan Sumur PT Pertamina Hulu Indonesia

user
nugroho 12 April 2022, 14:39 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugrobo

Blora - PPSDM Migas bekerja sama dengan Pertamina Hulu Indonesia mengadakan pelatihan dan sertifikasi mengenai Perawatan Sumur pada 4 sampai dengan 5 April 2022.

Perawatan sumur di dunia migas merupakan pekerjaan memperbaiki dan menanggulangi masalah mekanis pada sumur. Rig merupakan rangkaian peralatan khusus yang digunakan untuk membor suatu sumur dan mengakses sumur.

M. Samsul Hadi Alam pengajar pelatihan perawatan sumur adalah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada peserta diklat tentang teori dan praktik peralatan dan operasi perawatan sumur serta kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengoperasian peralatan perawatan sumur dengan menggunakan peralatan unit Hoist.

“Pelatihan Perawatan Sumur ini diperuntukkan untuk pekerja yang akan melakukan re-sertifikasi, dan pekerja dengan minimal pendidikan dan pengalaman kerja yang cukup untuk mengikuti sertifikasi Perawatan Sumur,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa materi salah satunya tentang pemeriksaan fisik tubular seperti rangkaian Drill String yang terdapat Kelly. Pemilihan kemampuan Kelly berdasarkan atas perencanaan berat rangkaian terberat di dalam Drilling Mud ditambah MoP (Margin of Overpull) tidak boleh melebihi 90% dari tension yang diizinkan.

Selanjuntnya Drill Pipe dipilih berdasarkan pada beban Tarik (berat rangkaian di dalam Drilling Mud ditambah margin overpull), beban punter (torque) dan tekanan collapse yang dialami oleh Drill Pipe pada saat operasi Drilling atau Workover.

Selain itu pelatihan yang diadakan selama dua hari tersebut juga membahas mengenai Rig Equipment & Fishing Tools, Surface & Sub Surface Equipment, Completion Fluids, Well Control, dan Practice sebelum mengikuti sertifikasi. Sehingga diharapkan peserta mampu mengikuti ujian kompetensi di LSP PPSDM Migas, dan jika dinyatakan telah mampu maka peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi.(adv/suko)


Kredit

Bagikan