PT Pertamina Hulu Indonesia Adakan Pelatihan Supervisor Mekanik di PPSDM Migas

user
nugroho 05 April 2022, 16:24 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugrioho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Supervisor Mekanik untuk PT Pertamina Hulu Indonesia yang dilaksanakan pada 29 sampai 30 Maret 2022.

Rohenda, pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk Memberikan bekal teori praktis kepada peserta diklat.

“Mulai dari tentang keselamatan kerja di industri migas, peralatan/tool, peralatan bantu angkat beban rotating equipment Maintenance Static Equipment, Maintenance Rotating Equipment dan dilengkapi dengan praktik dilaboratorium serta fasilitas lainnya,” ungkap Rohenda ketika dihubungi melalui pesan singkat setelah pelatihan selesai diadakan pada Senin (4/4/2022).

Menurutnya beberapa materi dalam pelatihan ini adalah tentang pipa. Pipa adalah benda tubular yang mempunyai diameter dan tebal berfungsi sebagai sarna transportasi fluida cair dan gas. Dasar penggunaan pipa sebagai sarana transportasi adalah frekwensi pengangkutan berlangsung secara terus menerus (kontinu), dapat dipercaya dalam pengoperasian dan keamannnya, serta lebih ekonomis dalam jangka waktu panjang.

“Fitting dan flange adalah bagian dari perpipaan yang berfungsi sebagai sambungan dari satu pipa ke pipa yang lainnya, atau pipa dengan alat lainnya. Fitting terbagi dua jenis yaitu fitting sambungan ulir atau las dan fitting sambungan flange atau flange fitting. Penghubung pipa satu dengan lainnya dapat berbentuk sambungan lurus,berbelok, bercabang, perubahan penampang maupun menutup aliran fluida,” tambahnya.

Sambungan flange merupakan sambungan semi permanen dengan tujuan dibongkar pasang untuk tujuan pemeliharaan. Sambungan yang digunakan biasanya sambungan baut. Jenis baut yang digunakan ditentukan berdasarkan kekuatan baut yang akan digunakan yaitu High Strenght Bolting, Intermediate Strength dan Nickle Allow. Sambungan Flange disambung dengan baut yang direkomandasikan ASME B16.5. (Adv/suko)



Kredit

Bagikan