180 ASN KESDM Ikuti Pelantikan di PEM Akamigas Cepu

user
nugroho 28 Maret 2022, 21:55 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora  - Sebanyak 180 ASN di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM dan BPSDM ESDM mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Grha Oktana PEM Akamigas Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah secara hybrid, Senin (28/3/2022).   Rinciannya, 4 orang ASN dilantik sebagai pejabat administrasi di lingkungan BPSDM ESDM, 25 orang dilantik sebagai pejabat fungsional di lingkungan KESDM.

Dalam pelantikan tersebut dilakukan penyerahan Keputusan Menteri ESDM tentang Kenaikan Pangkat terhitung 1 April 2022 kepada 145 orang, dan penyerahan Keputusan Menteri ESDM tentang Pensiun PNS terhitung 1 April 2022 kepada 6 orang.

Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulijanto Nurtjahyo dalam sambutannya menyampaikan, proses promosi jabatan, baik jabatan administrasi maupun jabatan fungsional di lingkungan KESDM dilaksanakan secara obyektif dengan mempertimbangkan potensi, konsekuensi, dan performance kinerja pegawai.

Kepada pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya, Prahoro berpesan supaya terus terus meningkatkan kinerjanya, menjunjung tinggi nilai-nilai ASN berakhlak, berintegritas, bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas.

"Tetap semangat dalam menghadapi era sociaty 5.0, yang mensyaratkan 3 kemampuan utama. yaitu creativity, kemudian critical thinking, dan yang ketiga adalah communication and collaboration,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal KESDM Ego Syahrial mengingatkan, bahwa sumpah yang telah diucapkan merupakan komitmen dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara. Untuk itu hendaknya sumpah yang telah diucapkan dapat direnungkan kembali dan diambil maknanya.

“Yaitu menjalankan aturan dengan sebenar-benarnya demi Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjalankan etika jabatan dengan sepenuhnya, serta yang terpenting adalah menjaga integritas jabatan,” pesannya.

Ego menegaskan, Kementerian ESDM dengan cakupan tugas yang sangat luas memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional.  Karena mengelola sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat, sehingga tantangan yang dihadapi juga cukup besar.

"Dalam menghadapi tantangan tersebut diperlukan ASN dengan kompetensi tinggi, memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan dan berinovasi," tandasnya.

Untuk menjawab tantangan kedepan yang semakin berat, lanjut Ego, Kementerian ESDM harus dibangun teamwork yang kuat, sinergi dan kerja sama adalah suatu keharusan, semua tugas tidak bisa dilakukan secara silo dan sendiri-sendiri.

“Saya minta munculkan komitmen yang baru dan semangat kerja sama yang semakin erat,” imbuhnya.

Dalam pelantikan ini juga dilakukan pengangkatan 2 ASN dalam jabatan administrator di lingkungan KESDM. Yakni Darius Agung Prata sebagai Kepala Balai Pendidikan Tambang Bawah Tanah BPSDM ESDM dan Prasudjyana Gamarlap Seputra sebagai Kepala Bagian Umum di PEM Akamigas.

Selain itu juga dilakukan pengangkatan 2 ASN dalam jabatan pengawas di lingkungan KESDM. Yakni Agus Avianto sebagai Kepala Sub Bagian umum Balai Pendidikan Tambang Bawah Tanah BPSDM ESDM dan Anwar Su’udi sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Pengadaan di PEM Akamigas.(ams)


Kredit

Bagikan