PPSDM Migas Berikan Pelatihan Inspektur Rig untuk ASN KESDM

user
nugroho 28 Maret 2022, 17:07 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Rig adalah sebuah rangkaian peralatan yang digunakan untuk pengeboran sumur agar mendapatkan minyak dan gas bumi (Migas). Rig mempunyai menara yang terbuat dari baja untuk menaikan atau menurunkan pipa-pipa tubular pada sumur.

Sebagai pendukung untuk memahami peralatan pengeboran sumur, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Inspektur Rig untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) pada Senin (21/3/2022) lalu.

Agus Alexandri selaku pemimpin pelatihan Inspektur Rig menjelaskan bahwa banyaknya materi yang dibahas selama lima hari kedepan.

“Hari ini kita akan menjelaskan mengenai Regulasi Inspeksi dan akan dilaksanakannya pembuatan laporan untuk melakukan ujian sertifikasi,” ungkapnya.

Salah satu materi yang diberikan, lanjut Agus adalah mengenai sebuah pemeriksaan yang dapat dilakukan berkala berdasarkan jangka waktu tertentu dengan menunggu hasil analisis resiko. Untuk pemeriksaaan selanjutnya akan dilakukan di tempat pembuatan dan di lokasi pemasangan atau pembangunan.

"Sebagai inspektur rig wajib memelihara kompetensi dalam pekerjaannya yang menerapkan peraturan keselamatan kerja yang berada ditempat kerja,” ungkapnya.

“Selain itu di dalam Pemeriksaan Teknis Cementing Unit merupakan satu kesatuan dari sistensi pengeboran, review dari data dan record dari peralatan cementing harus dilakukan sebelum pemerksaaan dimulai dari konsultasi dengan pemilik,” tambahnya.

Dalam pelatihan ini juga dilengkapi dengan banyak pemberian materi tentang Inspeksi Peralatan, Metode Inspeksi dan Check List dan juga Laporan Inspeksi.(adv/suko)




Kredit

Bagikan