PPSDM Migas Berikan Pengantar Operasi Lapangan Migas untuk Mahasiswa Trisakti

user
nugroho 23 Maret 2022, 21:46 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Universitas Trisakti secara berkala mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) setiap tahunnya. Ini membuktikan bahwa lembaga pendidikan dan pelatihan di bawah naungan Kementerian ESDM - PPSDM Migas - berdedikasi dalam pengembangan calon pekerja migas sejak dini.

Subkoorinator Pelatihan, Suntoro menjelaskan bahwa PPSDM Migas selalu menerima mahasiswa dari Prodi Teknik Perminyakan Universitas Trisakti secara rutin untuk mengikuti pelatihan teknis Pengantar Operasi Lapangan Migas.

“Pelatihan yang dibuka pada Senin, 21 Maret 2022 diadakan di PPSDM Migas dengan memberikan teori dan praktik secara komprehensif, sehingga para mahasiswa dapat memperoleh pengalaman makasimal selama tiga hari pelatihan. Untuk jumlah peserta sebanyak 20 orang,” jelas Suntoro ketika ditemui seusai pembukaan pelatihan pada Senin (21/3/2022).

Ia menambahkan bahwa nantinya peserta akan mendapat pengetahuan tentang overview kegiatan hulu migas yang meliputi kegiatan eksplorasi dan produksi. Sedangkan kegiatan hilir termasuk pengolahan, trasnportasi dan pemasaran.

“Iya sangat padat sekali ya pelatihan selama tiga hari ini karena mereka akan berada di kelas dan tentunya untuk praktiknya akan ke lapangan. Karena kami mengadakan Geologi Trip bagi mahasiswa ini agar mereka dapat melihat struktur-struktur lapisan tanah di Cepu dan sekitarnya. Seperti diketahui Cepu mempunyai kilang pengolahan minyak tertua ke tiga di Indonesia,” ungkapnya.

Materi pelatihan ini meliputi Over view Kegiatan Lapangan Migas, Geologi Trip, Operasi Produksi, Operasi Kegiatan Pengeboran, Operasi Refinery, dan Pengantar Operasi Lapangan Migas.(adv/suko)


Kredit

Bagikan