Operation Apprentice Development Program untuk Medco di PPSDM Migas

user
nugroho 23 Maret 2022, 20:56 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan Medco E&P Indonesia mengadakan Program Operation Apprentice Development Program (OADP). OADP adalah program pelatihan awal dalam rangka membekali peserta dalam bidang teori maupun praktek secara general sebelum nantinya akan diarahkan ke program sepesifik sesuai dengan kebutuhan Medco dilapangan.

Program pelatihan tersebut dimulai pada hari Senin (14/3/2022) dengan kurikulum pelatihan yang terdiri dari 324 jam pelajaran teori dan 764 jam pelajaran praktik lapangan. Totalnya terdapat 1.070 jam pelajaran.

Pelatihan dibuka oleh Koordinator Pelaksanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia PPSDM Migas, FX. Yudi Tryono dengan menyampaikan latar belakang dan tujuan pelatihan ini.

“Kebutuhan Tenaga kerja yang kompeten untuk mengcover lapangan Medco di daerah Sumatera Selatan yang mana tenaga kerja sekarang ini semakin berkurang. Untuk dilaksanakanlah pelatihan ini yang bertujuan agar peserta dapat memahami HSE Dasar, mengenal peralatan operasi produksi dan Well System & Operation, mengenal peralatan elektrik, instrumen dan mekanik di industri Migas dengan harapan nantinya materi yang diperoleh dapat diterapkan di lapangan Medco,” ungkap Yudhi ketika pembukaan pelatihan ini.

Pelatihan tersebut nantinya akan dilaksanakan dalam dua gelombang dengan total gelombang pertama sejumlah 12 orang peserta pelatihan. Program Pelatihan dan sertifikasi dilaksanakan di PPSDM Migas Jalan Sorogo Nomor 1 Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Tenaga pengajar direncanakan berasal dari pejabat fungsional widyaiswara, instruktur dan fungsional umum Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi.(adv/suko)


Kredit

Bagikan