Pelatihan Juru Las Gratis untuk Masyarakat di PPSDM Migas

user
nugroho 23 Maret 2022, 19:45 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) terus berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat luas. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan pelatihan program bantuan masyarakan Juru Las.

Pelatihan juru las gratis bagi masyarakat telah dibuka pada Senin (7/3/2022) di PPSDM Migas dengan diikuti oleh dua puluh peserta dari seluruh Indonesia.

Rinto Parnaedy, Course Leader dan juga pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa pelatihan juru las sangat penting bagi masyarakat karena akan memberi bekal sehingga dapat digunakan setelah selesai mengikuti pelatihan.

“Pelatihan ini dilaksanakan selama lima belas hari dan peserta diberikan teori dan praktek pengelasan langusng di bengkel Las PPSDM Migas," ujarnya.

Rinto melanjutkan dalam pelatihan ini peserta dapat melakukan pengelasan sesuai dengan Standard Operating Procedure dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

"Ini sangat penting karena mereka harus memahami keselamatan jika ingin melakukan pengelasan untuk menghindari cidera selama proses pengelasan dilakukan,” tegas Rinto melalui pesan singkat pada (19/3/2022).

Materi pengelasan yang diberikan kepada peserta meliputi K3 Pengelasan, Proses Las, Pengetahuan Material/Bahan, Gambar Teknik dan Simbol Las, Pengetahuan WPS, Pengetahuan Cacat Las, Penyalaan Busur Las SMAW, Pemeliharaan Mesin dan Peralatan Las.

Selain itu juga Teknik Pengelasan Fillet, Teknik Las 1F, Teknik Las 2F, Teknik Las 3F, Teknik Las 4F, Teknik Las 2FR (Plate to Pipe), Teknik Las 5F (Plate to Pipe), Pengetahuan Inspeksi Las dan diakhiri oleh uji serifikasi.

"Jika lulus dari ujian sertifikasi peserta akan mendapat sertifikast kompetensi," pungkas Rinto.(adv/suko)


Kredit

Bagikan