PPSDM Migas Bekali ASN KESDM dengan Pelatihan Introduksi Migas

user
nugroho 17 Maret 2022, 22:00 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Sektor industri minyak dan gas (Migas) merupakan salah satu bidang industri yang hingga saat ini masih berjalan dan memberikan pengaruh besar bagi Indonesia, khususnya bagi pemenuhan kebutuhan energi yang digunakan sehari-hari. Sehingga, perlu adanya pemahaman yang menyeluruh pada setiap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang menekuni bidang tersebut.

PPSDM Migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi) turut mendukung hal tersebut dengan memberikan pelatihan terhadap para ASN pada KementerianEnergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pelatihan yang bertajuk “Introduksi Migas” ini berlangsung melalui platform zoom meeting dengan peserta yang berjumlah 15 orang.

Dalam Pelatihan Introduksi Migas, para pembicara menjelaskan mengenai proses eksplorasi migas, ekspansi, eksplanasi, pengolahan minyak bumi, pemrosesan gas bumi, serta penjelasan seputar niaga, suplai, dan distribusi. Tidak hanya penjelasan secara lisan, namun juga diberikan sesi tanya jawab dan pemutaran video terkait materi yang diberikan. Sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas bagi setiap peserta yang hadir.

Pelatihan Introduksi Migas memberikan pemahaman mengenai CNG (Compressed Natural Gas) yang merupakan bahan bakar alternatif yang dapat digunakan karena dinilai lebih bersih dan ramah lingkungan.

Suharno, salah satu pembicara dalam pelatihan ini menekankan bahwa setiap ASN harus memahami industri ini karena sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

“Seperti halnya dalam penggunaan LPG, kita perlu memahami proses penurunan tekanan apabila terjadi kebocoran, sehingga kita dapat meningkatkan kewaspadaan dan meminimalisir resiko yang terjadi,” ungkapnya.

Setelah mengikuti pelatihan Introduksi Migas, diharapkan setiap ASN yang hadir dapat mengaplikasikannya di tempat kerja dan mengamalkan ilmu yang diperoleh dalam praktek keseharian mereka.(adv/suko)


Kredit

Bagikan