Badak LNG Ikuti Pelatihan Loading Master LNG di PPSDM Migas

user
nugroho 17 Maret 2022, 12:01 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pemanfaatan gas bumi di Indonesia khususnya memiliki tantangan tersendiri karena berbentuk gas yang membutuhkan persyaratan infrastruktur yang terintegrasi. Bukan hanya dukungan infrastruktur yang memadai, tetapi juga perlu adanya manpower yang berkompeten untuk mendukung kegiatan sektor gas ini.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan Badak LNG perlu untuk meningkatkan kompetensi seorang Loading Master LNG. Karena itulah PPSDM Migas mengadakan pelatihan Loading Master LNG.

Menurut Risdiyanta, salah satu pengajar pelatihan ini, LNG mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan treatment yang berbeda pula.

“Gas-gas mempunyai karakteristik yang berbeda. Sebagai contoh LNG adalah gas yang dicairkan dengan tujuan untuk memudahkan pengangkutan untuk daerah – daerah yang tidak memungkinkan untuk dijangkau oleh pipa dengan suhu antara -150 C sampai -200 C," ujarnya.

Untuk itu, Risdiyanta melanjutkan peserta yang mengikuti pelatihan ini mendapat penjelasan mengenai kegiatan loading dan unloading minyak bumi dan produk-produk minyak bumi cair dengan baik dan benar.

"Materi yang diberikan antara lain Teknik Komunikasi, Analisis Masalah dan Pengambilan Keputusan, Verifikasi Kualitas, Pengukuran dan Metering, Sampling, K3LL dan Sarfas, Operasi Loading Unloading dan Verifikasi Kuantitas,” jelas Risdi ketika ditemui setelah pelatihan pada Kamis (17/3/2022).

Pelatihan ini dimulai pada Selasa (15/03/22) selama dua hari. Diikuti oleh dua puluh orang peserta dari Badak LNG dan dilakukan secara daring.(adv/suko)
 


Kredit

Bagikan