8 Desa di Padangan Jadi Sasaran Survei Seismik 2D untuk Ketahui Potensi Minyak

user
nugroho 16 Maret 2022, 21:03 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melakukan survei seismik 2D Vibroseis Vulkanik di Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Sebanyak delapan desa di Kecamatan Padangan telah dilakukan survei seismik untuk menemukan potensi minyak dan gas (migas) di bawah lapisan batuan vulkanik.

Camat Padangan Heru Wicaksi mengatakan, survei seismik 2D Vibroseis Vulkanik dilakukan di sepanjang jalan nasional yang melewati delapan desa di Kecamatan Padangan. Di antaranya meliputi Desa Kepohagung, Kuncen, Padangan, Margoagung, Cendono, Ngasinan, Purworejo, Perangi, dan Banjarjo.

"Sekitar 9 kilometer (km) survei seismik vulkanik yang di lakukan di Kecamatan Padangan," katanya, Rabu (16/3/2022).

Dia mengatakan, sebelumnya dari PT Pertamina Hulu Energi telah melakukan sosialisasi terkait survei seismik 2D Vibroseis Vulkanik ini di Pendopo Kecamatan Padangan. Yakni survei seismik ini untuk menemukan potensi minyak dan gas (migas) di bawah lapisan batuan vulkanik.

"Juga terkait operasional alat yang digunakan untuk servei seismik ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuncen, Kecamatan Padangan Muhammad Saifudin, mengatakan servei seismik telah dimulai sekitar empat hari lalu. Juga, telah disosialisasikan sehingga bisa mengetahui tujuan survei seismik itu.

Namun, dia melanjutkan, masyarakat sekitar jalan yang disurvei menggunakan alat itu berharap juga diperhatikan. Sebab, saat survei seismik dilakukan menimbulkan getaran di rumah-rumah warga.

"Sehingga, ada yang membuat genteng rumah ada yang jatuh akibat geteran tersebut. Tapi dari kami tetap mendukung, namun masyarakat juga harus diperhatikan," katanya.

Dia menambahkan, jika survei seismik membuahkan hasil atau menemukan potensi migas harapannya warga lokal juga dilibatkan. Hal ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.(jk)

Kredit

Bagikan