5 Kecamatan di Bojonegoro Jadi Objek Survei Seismik 2D Vibroseis Pertamina

user
samian 16 Maret 2022, 18:54 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Bojonegoro menyebutkan bahwa PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sedang melakukan survei seismik 2D Vibroseis ke lima kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

"Jadi objek survei seismik di Bojonegoro ada di lima kecamatan. Yakni Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Padangan, Kasiman dan Purwosari," kata Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Bojonegoro melalui Analis Eksplorasi dan Eksploitasi Migas Wiega Bagus Andrianto, kepada SuaraBanyuurip.com, Rabu (16/03/2022).

Menurut Wiega, survei seismik di Bojonegoro merupakan lanjutan yang dilaksanakan oleh PT PHE selaku Subholding Upstream Pertamina di Kabupaten Ngawi. Karena kegiatan itu dilakukan di area subvulkanik Pulau Jawa dengan lintasan sepanjang 1.000 km.

Survei ini akan berakhir dalam empat hari kedepan. Karena sesuai informasi yang ia terima dari pihak PHE, sekitar tanggal 20 Maret 2022 ditargetkan sudah rampung, atau memakan waktu kurang lebih tiga minggu.

"Kecamatan Purwosari adalah titik terakhir survei seismik di Bojonegoro untuk selanjutnya bergerak ke Kabupaten Ponorogo," ujarnya.

Dijelaskan, survei 2D seismik vibroseis adalah survei yang bertujuan meningkatkan image permukaan di bawah lapisan batuan vulkanik yang nantinya akan membantu menentukan konsep potensi eksplorasi migas.

Realisasi kegiatan survei itu menggunakan truk vibroseis yang mampu melintasi berbagai medan morfologi permukaan. Menurur Wiega, efek destruktif yang ditimbulkan oleh kegiatan itu relatif lebih rendah dibandingkan pemanfaatan bahan peledak.

"Kegiatan itu telah melalui tahapan sosialisasi sebelumnya," jelasnya.(fin)

Kredit

Bagikan