Pelatihan H2S dan CO2 Gas Removal untuk ASN KESDM

user
nugroho 16 Maret 2022, 17:44 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Gas alam seperti H2S dan CO2 mempunyai kandungan impurities seperti gas asam atau sour gas. Adanya sour gas dapat menyebabkan karat pada alat – alat yang bersentuhan dengan sour gas ini sehingga dapat menyebabkan adanya penyumbatan dalam transportasinya. Selain itu sour gas juga menyebabkan pengurangan heating value ataupun munculnya racun.

Untuk itu pengetahuan tentang gas yang dapat menyebabkan berbagai masalah ini perlu untuk diketahui oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bidang kerjanya bersinggungan dengan H2S dan CO2. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi menggelar pelatihan H2S and CO2 Gas Removal untuk ASN Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Senin (14/3/2022).

Pelatihan ini dipimpin oleh Mochammad Rochim. Dia menjelaskan mengenai apa saja yang didapat oleh peserta selama tiga hari pelatihan di PPSDM Migas.

“Peserta selama tiga hari mendapatkan pemahaman teori praktis mengenai proses H2S dan CO2 Removal, setiap variabel proses yang berpengaruh yang dapat menyulitkan dan mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Teori diberikan dalam 24 Jam Pelatihan dengan materi antara lain Pemilihan Solven, Proses Pengurangan H2S dan CO2, Data Desain Proses, Desain Mekanis Peralatan, Proses Recovery Sulfur, dan Keekonomian Plant,” ungkapnya ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu (16/03/22).(adv/suko)


Kredit

Bagikan