Pahami Sumber Bahaya di Tempat Kerja, ASN KESDM Dilatih HSE di PPSDM Migas

user
nugroho 16 Maret 2022, 09:30 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Health Safety and Environment (HSE) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tanggal 7 – 11 Maret 2022 secara daring.

Dwi Purwanto menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan agar peserta dapat mengidentifikasi dan menganalisis bahaya dimanapun berada dengan jelas. Dicontohkan, bahaya ketika berada di lingkungan kerja yaitu adanya penerangan yang buruk atau bahkan berlebih. Kemudian suhu yang rendah atau suhu berlebih. Selain itu sumber bahaya yang ditimbulkan oleh peralatan juga patut untuk diwaspadai seperti pada peralatan dengan bagian yang bergerak dan berputar, mengandung listrik, menghasilkan panas, mengandung fluida dan radiasi dan lainnya.

"Ada juga sumber bahaya yang ditimbulkan oleh barang-barang, manusia dan cara kerja yang buruk,” ungkap Dwi ketika ditemui berada di Kilang PPSDM Migas.

Dwi juga membeberkan bahwa daerah berbahaya itu terbagi menjadi tiga yaitu Divisi 0. Divisi ini adalah suatu daerah di mana terdapat udara berbahaya dalam keadaan yang terus menerus. Seperti di lokasi di atas tangka minyak, di sekitar lubang pengukuran atau di sekitar oil catcher.

Divisi selanjutnya adalah Divisi 1 dimana suatu daerah di mana terdapat udara berbahaya yang mungkin timbul dalam keadaan normal seperti sekitar parit buangan minyak.

"Sedangkan divisi yang terakhir adalah Divisi 2 dimana terdapat udara berbahaya yang timbul dalam keadaan operasi tidak normal,” tutup Dwi dalam penjelasannya.(adv/suko)


Kredit

Bagikan