Gerak Cepat Pertamina EP Cepu Field Tangani Insiden Pipa di Sambong

24706

SuaraBanyuurip.com – Ahmad Sampurno

Blora – Pertamina EP (PEP) Cepu Field melakukan upaya cepat dalam penanganan ceceran minyak akibat terjadinya retakan pada pipa yang terjadi di Desa Pojokwatu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Selasa (15/32022).

Sesaat setelah diketahui adanya ceceran minyak, tim PEP Cepu Field langsung melakukan penghentian pemompaan dan penyetopan valve pada jalur pipa MOS Menggung sehingga aliran saat ini sudah dapat dihentikan.

Sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) untuk pengamanan lokasi, PEP Cepu memasang safety line dan melakukan pula penyekatan drainase serta anak sungai.

Field Manager PEP Cepu Field, Agung Wibowo mengatakan upaya penyekatan tersebut dilakukan untuk meminimalkan fluida mengalir ke tempat lain dan terkumpul, sehingga akan memudahkan penyedotan menggunakan vacuum truck dan pembersihan area.

Saat ini tim PEP Cepu Field sedang melakukan perbaikan pada pipa sumber ceceran dengan pemasangan klem.

“Tim berusaha bekerja cepat dan sebaik mungkin serta akan memastikan tidak ada lagi rembesan atau ceceran fluida. Saat ini kondisi aman terkendali,” ujar Agung.

Baca Juga :   Jalan Akses di Wilayah Blok Gundih Bakal Dibangun Oleh Pertamina EP

Dalam melakukan penanganan insiden, PEP Cepu Field melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan  selalu mengedepankan aspek keselamatan manusia dan lingkungan.

Akibat kebocoran pipa ini, warga setempat ramai-ramai mengais minyak mentah yang mengalir ke drainase dengan menggunakan jeriken.(ams)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *