Pipa Minyak Pertamina EP Field Cepu Kembali Bocor

user
nugroho 15 Maret 2022, 21:18 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Kebocoran pipa distribusi minyak mentah milik Pertamina EP Field Cepu kembali terjadi, Selasa (15/3/20222). Kali ini, tepatnya di tepi jalan nasional turut Desa Pojokwatu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Insiden tersebut sekarang ini sedang ditangani Pertamina EP Field Cepu.

Informasi dihimpun dari warga sekitar, kebocoran pipa minyak mentah terjadi sekira pukul 15.00 WIB bersamaan hujan deras, sehingga memunculkan bau menyengat. Setelah hujan reda, warga kemudian melakukan pengecekan, dan ternyata benar. Minyak meluber melalui saluran air (drainase) hiingga mengalir ke sungai kecil.

Kemudian warga berbondong-bondong memanfaatkan kesempatan itu untuk mengais minyak mentah yang mengalir di sepanjang aliran drainase. Minyak tersebut dimasukkan ke dalam jeriken maupun botol-botol kecil.

“Tahunya tadi jam setengah lima. Tapi kata warga sekitar tadi sudah tercium sejak sebelum hujan. Jam 3 an sore,” ungkap Suntari pedagang di tepi jalan nasional.

Dia mengaku, mulai ikut mengambil minyak sekira pukul 17.00 WIB, hingga menjelang waktu Salat Isyak. Tiga jeriken yang dibawanya hampir penuh berisi minyak mentah bercampur air.

“Tidak biasa dijual Mas, buat siram-siram. Karena warung saya pinggir sawah dan banyak semutnya,” ungkapnya.

Rahmad, warga lainnya mengaku, mengetahui kebocoran minyak mentah saat sedang melintas jalan tersebut untuk membeli bahan bakar.

"Tadi tiba-tiba mencium bau minyak. Setelah saya cek di selokan ternyata air selokan berwarna hitam bercampur minyak," ujarnya.

Warga yang mendengar ada minyak mentah mengalir di selokan pun berduyun-duyun membawa jeriken untuk mengambil minyak. Mereka menyaring minyak bercampur air dengan peralatan seadanya seperti kaleng dan botol air mineral.

Pantauan di lepangan, enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan di lokasi yang terletak di sepanjang jalan Cepu-Blora itu.

Dikonfirmasi terpisah, Cepu Field Manager Pertamian EP, Agung Wibowo menyampaikan, malam ini tim dari Pertamina masih menangani kebocoran pipa tersebut.

“Sedang proses penanganan tim, alhamdulillah sdh terkondisikan,” ujar Agung.(ams)

Kredit

Bagikan