Pelatihan Authorized Gas Tester untuk Pekerja Medco di PPSDM Migas

user
nugroho 15 Maret 2022, 15:59 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Medco E&P Indonesia dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) membuka pelatihan Authorized Gas Tester (AGT) untuk para pekerjanya.

Seorang Gas Tester adalah tugas yang diberikan kepada pekerja untuk melakukan deteksi gas - gas yang berbahaya ketika melakukan suatu pekerjaan di lapangan terutama di industri migas. Hal ini sangat penting sekali mengingat bahaya yang ditimbulkan apabila terjadi kebocoran gas.

Parnoto, pemimpin pelatihan menyampaikan pelatihan yang dibuka pada tanggal 7 Maret 2022 ini diadakan karena mengingat pentingnya pengetahuan teknis tentang pekerjaan seorang gas tester.

“Pelatihan ini diadakan selama dua hari dengan cakupan materi sebagai berikut yaitu Perundang-undangan K3, Alat Pelindung Diri, SCBA, Permit System dan LOTO, Hazardous Area & Gas Detector,” ungkap Parnoto yang ditemui di sela - sela mengajar AGT.

Parnoto juga menjelaskan bahwa ada beberapa Alat Pelindung Diri termasuk Alat Pelindung Pernafasan dan bagaimana memilih alat pelindung diri yang benar.

“Dalam materi pelatihan kami menjelaskan mengenai alat pelindung pernafasan yaitu Air Purifying Respirator adalah udara yang digunakan mengambil dari hasil proses pemurnian udara dari lingkungan yang terkontaminasi," tambahnya.

Cara kerja perlatan ini terbagi menjadi tiga yaitu secara chemical, mechanical dan kombinasi. Sedangkan pemilicah alat pelindung diri didasarkan pada beberapa factor yaitu peralatan yang dapat memberikan perlindungan terhadap bahaya yang dihadapi oleh pekerja.

Selain itu peralatan harus memenuhi standar, ukuran yang sesuai, bentuk dan warna yang menarik, ringa, tidak menimbulak bahaya tambahan, tidak membatasi gerak dan suku cadangnya mudah untuk diperoleh.(adv/suko)


Kredit

Bagikan