Pelatihan Petugas Pengambilan Contoh Air dan Air Limbah di PPSDM Migas

user
nugroho 11 Maret 2022, 08:56 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dan Politeknik Akamigas Palembang menjalin kerja sama dengan menggelar pelatihan Petugas Pengambilan Contoh Air dan Air Limbah yang dilaksanakan di PPSDM pada Selasa (2/3/2022).

Pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta tentang teori praktis dan praktek cara pengambilan contoh air untuk keperluan analisis laboratorium. Pelatihan disampaikan oleh instruktur dari PPSDM Migas yang telah berpengalaman mengadakan sampling secara langsung di lapangan.

Rieza Mahendra Kusuma, salah satu instruktur PPSDM Migas menjelaskan bawah pelatihan yang dilakukan secara hybrid ini dilaksanakan selama empat hari dengan memberikan materi tentang Pengukuran Debit Air, Metode Pengambilan Contoh, Pengujian Parameter Lapangan dan Penanganan, Sistem Mutu dan Perencanaan Sampling, dan Pengetahuan Air.

“Untuk Pengetahuan Air dan Regulasinya kami menyampaikan bahwa air merupakan suatu senyawa kimia H2O yang sangat istimewa yang dalam kandungannya terdiri dari senyawa Hidrogen (H2), dan senyawa Oksigen (O2),” ungkap Rieza dalam paparannya di kelas teori pada pelatihan ini.

Ia menambahkan bahwa air merupakan sumber daya yang tidak tergantikan karena setiap aspek kebutuhan manusia bahkan makhluk hidup membutuhkan air.

“Mengingat pentingnya peranan air, maka diperlukan upaya untuk menjaga kualitas air melalui pengelolaan yang bijaksana karena seperti diketahui bahwa pencemaran air memiliki trend yang meningkat akhir – akhir ini. Maka pemerintah membuat UU No 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Selain itu adanya PP No 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. PP No 22 Tahun 2021 yaitu menyinggung mengenai Penyelenggaraan Perlndungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Bahkan terdapat Peraturan Menteri Kesehata No 32 Tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan,” terangnya.

Oleh sebab itulah pelatihan Petugas Pengambilan Contoh Air dan Air Limbah ini sangat dibutuhkan salah satunya untuk menumbuhkan awareness tentang pentingnya keberadaan air untuk anak cucu kita di masa yang akan datang.(adv/suko)


Kredit

Bagikan