ASN KESDM Dilatih Supply Chain Management di PPSDM Migas

user
nugroho 10 Maret 2022, 09:53 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Supply chain management adalah rantai pasok yang terdiri dari semua kegiatan proses saat barang berbentuk bahan mentah hingga diproses menjadi produk yang siap untuk digunakan dan terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Untuk memahami lebih detail mengenai rantai pasok, maka pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Supply chain management untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Senin (07/03/22).

Cucuk Nur Rosyidi, pemateri di hari pertama saat pelatihan menyampaikan dasar dari supply chain management. Dijelaskan, fase pengambilan keputusan rantai pasok ada tiga yaitu fase Strategi atau rancangan rantai pasok jangka panjang dengan rentan waktu lebih dari 1 tahun dengan keputusan strategi make/buy decisions, lokasi dan kapasitas produki, produk yang akan dibuat, mode transportasi yang digunakan dan jenis teknologi informasi yang dipakai. Kemudian fase perencanaan rantai pasok dengan rentan waktu 4 bulan – 1 tahun dengan keputusan yang diambil meliputi alokasi pemenuhan pasar, kebijakan persediaan, dan biaya promosi.

"Dan fase yang lebih rendah yaitu operasi rantai pasok dengan waktu harian hingga mingguan dengan keputusan menjadwalkan produksi dan pengiriman,” ungkapnya.

Pada hari berikutnya (8/3/2022) Pringgo Widyo, pengajar yang lain menjelaskan mengenai Industri 4.0 yang menunjang supply chain management.

“Dengan tecnology informasi yang baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk mengetahui keberadaan informasi dan analisis informasi untuk mengambil keputusan sebagai rantai pasok maka hal itu dapat menunjang kegiatan supply chain management,” tuturnya.

Selain itu pelatihan ini juga memberikan materi yang lengkap dan juga detail tentang Strategy supply chain management, Management transportasi dan distribusi SCM, Pengukuran performansi SCM dan Inventory management dalam SCM.(adv/suko)


Kredit

Bagikan