Pelatihan Pengenalan Operasi Kilang Minyak Bumi di PPSDM Migas

user
nugroho 09 Maret 2022, 14:30 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugrobo

Blora - Pelatihan Program Politeknik Akamigas Palembang dengan judul Pengenalan Operasi Kilang Minyak Bumi yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) telah dimulai pada hari Selasa (1/3/2022). Para peserta dikenalkan tentang seluk beluk kegiatan pengoperasian kilang minyak.

Hasan Syukur, pemimpin pelatihan ini menjelaskan tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan praktis dan keterampilan mengenai Operasi Crude Distilling Unit.

“Kilang minyak merupakan tahap lanjutan ketika crude oil sudah diekstraksi dari sumur minyak. Pada tahap ini, kilang digunakan untuk mengolah minyak mentah menjadi berbagai produk,” ungkapnya.

Ditambahkan, pelatihan dilaksanakan secara hybrid selama 5 hari. Pelatihan secara online pada tanggal 01 – 02 Maret 2022, sedangkan untuk prakteknya secara offline di PPSDM Migas pada tanggal 07 – 09 Maret 2022.

"Tujuan mengapa pelatihan diberikan secara offline agar peserta dapat melihat secara real proses operasi kilang minyak di PPSDM Migas sehingga para mahasiswa ini dapat mempunyai pengalaman nyata di lapangan,” terangnya.

Beberapa materi yang diberikan selama proses pelatihan adalah Proses Fisika (CDU, HVU dan Distilasi Bertekanan), Proses Konversi, Treating, Blending, Peralatan Proses, K3 Pengolahan Minyak Bumi, Quality Control Produk, Pengetahuan Bahan Baku dan Produk Migas, dan Pengolahan Minyak Bumi.(adv/suko)


Kredit

Bagikan