ASN PPSDM Migas Dilatih Penyelidikan Tanah dan Pengujian Material Bangunan

user
nugroho 04 Maret 2022, 16:32 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Agar terciptanya Aparatur Sipil Negara yang mempunyai kompetensi dalam penyelidikan tanah dan pengujian material bangunan, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Teknik Analisis Mekanika Tanah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini dimulai pada Senin (21/2/2022) ini ditujukan untuk ASN lulusan SMA/SMK dengan pengalaman di Laboratorium Pengujian minimal 4 tahun dan/atau Lulusan D3 Teknik Sipil.

Eva Khuzaifah menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah peserta mampu melakukan Analisis Mekanika Tanah dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

“Harapan kami tentu saja setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu melaksanakan pengujian yang dibutuhkan untuk penyelidikan tanah dan pengujian material bangunan," ujar Eva ketika dihubungi setelah pelatihan selesai pada Jumat (4/3/2022).

Dia menjelaskan, penyelidikan tanah ini nantinya akan digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai susunan lapisan atau juga sifat tanah dan kekuatannya.

"Apalagi ketika kita membuat pondasi untuk bangunan ataupun jalan, tentu kita harus memahami kepadatan dan daya dukung tanah serta bagaimana korosivitas tanah yang mampu untuk mendukung pondasi yang nantinya akan dibangun,” ungkapnya.

Pengetahuan Dasar Penyelidikan Tanah untuk mengetahui jenis tanah, Pengetahuan Dasar Material Bangunan, bagaimana Uji Sondir dilaksanakan meliputi persiapan benda uji, pelaksananaan uji sieve analysis serta pengolahan dan Analisa hasil uji. Selain itu mereka juga akan mengetahui pelaksanaan uji Sieve Analysis dan Atterberg Limit, Uji Tarik dan Uji Berat Jenis Baja, dan Uji Tekan Beton.(adv/suko)


Kredit

Bagikan