PPSDM Migas Pelihara Kompetensi Supervisor Lifting Pertamina Trans Kontinental

user
nugroho 04 Maret 2022, 13:09 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) selain menyelenggarakan pelatihan juga mempunyai tugas untuk meningkatkan kompetensi SDM Migas melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Kompetensi) PPSDM Migas.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 13 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian ESDM, Pasal 907 ayat (2) yang berbunyi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi juga memiliki tugas untuk memberikan pelayanan sertifikasi kompetensi tenaga sub sektor migas.

Untuk itu PPSDM Migas dan PT Pertamina Trans Kontinental bekerja sama mengadakan pelatihan Supervisor Lifting pada Kamis (24/2/2022) di Balikapapan selama dua hari.

Yamu’alim sebagai pemimpin pelatihan menjelaskan bahwa tugas PPSM Migas adalah melakukan verifikasi kompetensi personel sub sektor migas melalui LSP PPSDM Migas.

“Betul sekali jika PPSDM Migas dipercaya untuk memelihara kompetensi personel migas karena kami mempunyai sarana untuk praktik di lapangan jadi tidak hanya teori. Untuk membekali para peserta, pelatihan Supervisor Lifting ini memberi pemahaman kepada mereka agar memahami materi tentang Lifting,” ujarnya.

Beberapa materi dalam pelatihan ini adalah K3 Industri Migas, Bahaya Umum Terkait dengan Operasi Pengangkatan Melibatkan Mobile Crane, Penilaian Risiko dan Izin Bekerja, Rencana Pengangkatan (Lifting Plan), Metode Rigging dan Slinging, Inspeksi Pra-Penggunaan Peralatan Pengangkat, Inspeksi Peralatan Pengangkat Statis, Pemilihan Lifting Gear untuk Operasi Pengangkatan, Estimasi Berat Beban, dan Hand Signal.(adv/suko)


Kredit

Bagikan