Peduli tentang SKKNI Loading Master, ASN KESDM Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

user
nugroho 01 Maret 2022, 18:59 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Loading Master dapat dikatakan sebagai komponen utama pada kegiatan operasi usaha perminyakan karena bertanggung jawab pada end result dari usaha ini yang berhubungan erat dengan keselamatan jiwa, lingkungan dan harta benda.

Mengingat pentingnya pengetahuan tentang loading master yang juga perlu diketahui oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Loading Master pada Senin (21/02/22).

M. Hasan Syukur, pemimpin pelatihan dan juga pengajar menyampaikan tentang tujuan diadakannya pelatihan Loading Master yang diadakan selama empat hari.

“Setelah mengikuti pelatihan, kami mengharapkan agar peserta mampu melaksanakan tugas loading master sesuai dengan Standard Operating Procedure dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” terangnya ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Selasa (1/3/2022).

Ia menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai apa saja tugas loading master.

“Seorang loading master harus dapat melaksanakan tugas dengan mengutamakan prinsip akuntabilitas. Selain itu dapat melaksanakan tugas kegiatan berbbasis SOLAS74 Consolidated edition 2009 – Carriage of Cargoes," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, seorang loading master dapat melaksanakan tugas untuk berkontrubusi terhadap kinerja tahunan dan rencana pengembangan. Selain itu menganalisa juga kesesuaian kapal dan terminal serta melaksanakan PROTAP antara kapal dan terminal sebelum kedatangan kapal, dengan terminal sebelum kegiatan muatan.

"Yang terakhir adalah melaksanakan PROTAP kegaitan memuat muatan dan ballast serta bongkar muatan dan ballast,” tutupnya.(adv/suko)


Kredit

Bagikan