PHR dan PPSDM Migas Gelar Palatihan Perawatan Sumur

user
nugroho 21 Februari 2022, 11:25 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Dalam eksplorasi migas, sumur yang menghasilkan minyak dan gas bumi (Migas) perlu untuk selalu di-maintain. Perawatan sumur sendiri merupakan sebuah pekerjaan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah mekanis yang terjadi pada sumur.

Begitu pentingnya perawatan sumur ini menjadikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) secara aktif menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan migas di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan Pertamina Hulu Rokan – Regional 1 dengan mengadakan pelatihan Perawatan Sumur Tingkat OUPS (Operator Unit Perawatan Sumur) dan APPS (Ahli Pengendali Perawatan Sumur).

Sri Parwana, pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa pelatihan ini akan diikuti oleh sertifikasi, sehingga peserta benar-benar mempunyai komptensi dan juga bukti sertifikat kompetensi dari LSP PPSDM Migas jika dinyatakan lulus.

"Pelatihan ini bertujuan membekali pengetahuan dan keterampilan kepada peserta diklat tentang teori dan praktik peralatan dan operasi perawatan sumur. Selain itu agar mereka juga memahami tentang kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengoperasian peralatan perawatan sumur yang menggunakan peralatan unit Hoist,” ungkapnya.

Ia menguraikan tugas seorang Operator Unit Perawatan Sumur adalah menerapkan K3 di lingkungan kerja perawatan sumur. Selain itu mereka juga harus menyiapkan unit operasi kegiatan perawatan sumur, mampu mengerjakan proses killing well, dan melaksanakan operasi perawatan sumur.

"Juga melakukan pekerjaan perapian dan perawatan unit operasi dan sarana penunjangnya," pungkasnya.(adv/suko)


Kredit

Bagikan