PPSDM Migas Latih Operator Overhead Crane PT Kilang Pertamina Internasional

user
nugroho 21 Februari 2022, 11:11 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Industri bongkar muat pada umumnya termasuk di dalam industri migas sehingga membutuhkan crane dalam setiap kegiatannya. Crane digunakan sebagai alat bantu untuk memindahkan barang dari satu titik ke titik yang lain. Alat ini sering digunakan karena lebih efisiensi dalam pekerjaan dan waktu.

Sehingga pengetahuan dan kompetensi seorang operator overhead crane harus selalu dijaga. Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menjalin kerja sama dengan PT Kilang Pertamina Internasional dengan membuka pelatihan Operator Overhead Crane pada hari Selasa (15/2/2022).

Ikhsan Kholis, pemimpin pelatihan ini menjelaskan bahwa peserta pelatihan diharapkan dapat memahami seluk beluk tentang bagaimana overhead crane bekerja.

“Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memahami tentang teori praktis pengoperasian pesawat angkat unit overhead crane (kran jembatan) di kegiatan industri migas sesuai dengan Standard Oerating Procedure (SOP),” ungkapnya ketika diminta penjelasan mengenai tujuan dari pelatihan, Senin (21/2/2022).

Ia menambahkan pada pelatihan ini peserta tidak hanya belajar memahami apa itu rigging tetapi juga bagaimana merawat, menyimpan dan menginspeksi sling rantai.

“Peserta harus memahami bahwa sling rantai harus dibersihkan dari kotoran setiap selesai digunakan dan harus disimpan di tempat yang kering. Idealnya ada arak khusus untuk menggantung sling rantai yang tidak beroperasi. Serta untuk mencegah karat, maka seorang operator harus melumasi sling secara teratur dengan oli tipis,” tambahnya.

Ikhsan menegaskan bahwa PPSDM Migas juga memastikan seorang operator overhead crane mampu untuk menginspeksi sling rantai agar selalu terjaga keamanannya ketika digunakan untuk meminimalisir terjadi bahaya kecelakaan kerja.

Untuk melengkapi pemahaman peserta, maka mereka juga mendapatkan materi tentang Pengetahuan K3 Industri Migas, Pengetahuan Alat Bantu Angkat Beban, Pengetahuan dan Pemeriksaan Overhead Crane, Operasi dan Kerja Aman Kran Jembatan, Pengelolaan Beban dan Mekanika Teknik dan Tanda Material Handling.(adv/suko)


Kredit

Bagikan