PPSDM Migas dan PJB Academy Adakan Pelatihan Manajemen Operasi BBM

user
nugroho 21 Februari 2022, 09:57 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Manajemen operasi merupakan kegiatan untuk mengolah sumber daya yang tersedia secara optimal dalam suatu proses transformasi, sehingga menjadi output yang memiliki manfaat lebih dari sebelumnya.

Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) concern mengenai manajemen operasi bahan bakar minyak (BBM), karena minyak dan gas bumi termasuk sumber daya alam strategis yang tidak terbarukan. Sehingga perlu diadakan pelatihan Manajemen Operasi BBM yang bekerja sama dengan PJB Academy. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 16- 17 Februari 2022 di PPSDM Migas.

Arlucky Novandi, pemimpin pelatihan sekaligus pengajar pada pelatihan ini menyampaikan ada empat materi yang diberikan pada pelatihan selama dua hari ini.

“Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis mengenai manajemen operasi bahan bakar minyak dengan menjelaskan mengenai Operasi Penyediaan dan Pendistribusian BBM, Static Volume Calculation, Moda Transportasi BBM, dan Dynamics Volume Measurement,” ungkapnya.

Salah satu pembahasan dalam pelatihan tersebut adalah mengenai refernce gauge point. Arlucky menjelaskan, Reference gauge point adalah Titik di gauge hatch dari suatu tangki yang menunjukkan posisi di mana pengukuran level cairan dilakukan. Pengukuran di titik reference gauge point ini sangatlah penting untuk mencapai repeatability atau keterulangan seseorang melakukan pengukuran cenderung menghasilkan angka yang konstan.

"Titik ini bisa merupakan tanda yang berupa cat, plat yang di mounting/dilekatkan di dalam gauge hatch, sebuah sayatan horizontal di sisi dalam dari gauge hatch. Atau logam yang dilekatkan di atas gauge hatch tapi tidak menyentuh gauge hatch,” sambungnya ketika diminta menjelaskan tentang materi yang diberikan di dalam pelatihan tersebut, Senin (21/2/222).

Ia menambahkan bahwa verifikasi pada pengukuran dan kuantitas yaitu berupa peralatan ukur yang digunaka berupa roll meter (manual), deepstick (manual), pasta minyak/air, kain lap, alat pelingung diri dan table kalibrasi tangki.(adv/suko)



Kredit

Bagikan