PPSDM Migas Tingkatkan Kompetensi Penguji BBM Penerbangan Pertamina Lubricant

user
nugroho 17 Februari 2022, 17:10 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora -PPSDM Migas kembali melaksanakan pelatihan bersama PT. Pertamina Lubricant sebagai salah satu bentuk kerja sama dengan mitranya. Dalam Pelatihan kali ini  mengangkat topik mengenai “Operator Pengujian BBM Penerbangan” yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting pada tanggal 14-16 Februari 2022. Pelatihan diikuti oleh 5 peserta yang berasal dari berbagai wilayah PT. Pertamina Lubricant.

Materi pertama disampaikan oleh pengajar dari PPSDM Migas, Sahadad. Ia memberikan materi mengenai pengetahuan tentang aviation yang meliputi jenis-jenis bahan bakar yang digunakan dalam dunia penerbangan yaitu seperti avgas, avtur, dan yang lainnya. Selain itu memberikan penjelasan mengenai bagaimana kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan bakar yang digunakan untuk pesawat.

“Avtur produk CDU memiliki lubricity lebih baik daripada avtur produk dari proses hydrotreating. Avtur produk CDU lebih baik karena merupakan hasil produk dari proses pertama,” jelas Hadad.

Pemateri berikutnya adalah Suharno, salah seorang pengajar yang sudah berkecimpung selama 30 tahun pada bagian Analisis Migas. Ia menjelaskan materi mengenai bagaimana operator dapat menguasai pengawasan mutu hasil uji laboratorium.

“Hasil uji dapat dibuktikan dengan Quality Control yang dilakukan oleh pengawas baik dari pekerjanya, peralatannya, lingkungan kerjanya, dan banyak variabel lainnya. Pengujian dimulai dari sampling sampai keluarannya. Jaminan mutu tidak hanya di pengujian tetapi dimulai dari awalnya yaitu sampling sampai hasil akhir atau outputnya sehingga didapatkan pengujian yang benar,” jelas Suharno.

Selama tiga hari pelatihan peserta juga mendapatkan materi tentang metode uji sifat fisik BBM berkaitan dengan pengetahuan tentang BBM penerbangan serta pentingnya memahami aspek apa saja yang harus diketahui oleh seorang laboran untuk meminimalisir bahaya dari sifat bahan kimia di laboratorium sesuai dengan prinsip K3.(adv/suko)


Kredit

Bagikan