Kerja Sama dengan Pertamina Lubricants, PPSDM Migas Adakan Pelatihan Tingkat Pengawas Laboratorium

user
nugroho 17 Februari 2022, 13:16 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - PPSDM Migas mengadakan pelatihan dan sertifikasi bagi Pengawas Laboratorium PT Pertamina Lubricants. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan pembekalan terkait pekerjaannya sebagai pengawas laboratorium dan serta untuk mempersiapkan sertifikasi kompetensi setelah mengikuti pelatihan.

Suharno, salah satu pengajar pada pelatihan ini menjelaskan bahwa seorang pengawas memiliki peranan yang penting bagi perusahaan sub sektor migas.

“Pengawas ini adalah sebagai penyelia, pengelola, dan (bisa jadi) di lain tempat sebagai kepala laboratorium. Sehingga konsep yang dibawa dalam pembelajaran pagi ini untuk kompetensi seorang pengawas berkaitan dengan penjaminan. Hasil uji keluaran produk itu dijamin. Saya sering menyampaikan, para pengawas ini sebagai orang-orang yang ditunjuk karena memiliki kualitas dan integritas dalam menjaga jaminan yang telah ditetapkan oleh perusahaan," terang Suharno.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 250 Tahun 2016 tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional Indonesia sektor industri minyak dan aspal serta panas bumi sub sektor industri minyak dan gas bumi hulu hilir (supporting) bidang laboratorium penguji migas, menjadi acuan untuk kemasan kompetensi yang digunakan.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi yang lengkap mulai dari sistem mutu laboratorium, teknik analisis masalah, pengawasan mutu hasil uji laboratorium, hingga ketidakpastian pengukuran. Selain itu, peserta juga diberikan tugas mandiri dan praktek untuk mengukur mutu serta menerapkan materi yang telah disampaikan oleh pengajar.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari yakni dari tanggal 14-16 Februari 2022 ini diadakan secara daring. Pesertanya pun memiliki keaktifan dan inisiatif yang tinggi. Hal ini terlihat dari beberapa peserta yang aktif bertanya dan melakukan presentasi tugas mandiri dengan baik, sehingga membuat pelatihan ini menjadi lebih hidup.(adv/suko)


Kredit

Bagikan