Siswa SMK Migas Muhammadiyah Cilacap Dilatih Teknik Operasi CDU di PPSDM Migas

user
nugroho 17 Februari 2022, 09:00 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Crude Distillation Unit (CDU) adalah awal dari fraksinasi minyak mentah. Ini adalah salah satu proses yang komplek yang dapat menimbulkan gangguan pada kualitas produk akibat perubahan pada temperature produk. Untuk menghindarinya, perlu adanya personel yang handal untuk memahami proses fraksinasi ini yang harus diketahui sejak dini.

Hal itu menjadikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bersama-sama SMK Migas Muhammadiyah Cilacap mengadakan pelatihan program kerja sama berjudul Teknik Operasi Crude Distilling Unit.

Risdiyanta, pemimpin pelatihan menyampaikan pelatihan diadakan selama tiga hari. Selama pelatihan para siswa akan mendapat pemahaman tentang operasi CDU.

“Pelatihan ini memberikan pengetahuan praktis dan keterampilan mengenai Operasi Crude Distilling Unit diberikan baik secara teori dan praktik karena PPSDM Migas mempunyai Kilang yang nantinya akan digunakan sebagai sarana pelatihan. Sehingga mereka akan lebih memahami secara real kondisi di lapangan,” ungkapnya dihubungi melalui whatsapp pada Rabu (16/2/2022).

Selama tiga hari mereka mendapatkan K3 Pengolahan Minyak Bumi, Pengetahuan Bahan Baku dan Produksi Migas, Proses Fisika (CDU, HVU dan Distilasi Bertekanan), Proses Konversi, Peralatan Proses, dan Pengolahan Minyak Bumi.

Sebagai informasi SMK Migas Muhammadiyah Cilacap mempunyai visi menjadi sekolah yang islami, unggul, professional, berwawasan entrepreneur, dan bertaraf internasional dengan kompetensi keahlian Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia, dan Multimedia. (Adv/suko)


Kredit

Bagikan