Pelatihan Drilling dan Workover untuk Mahasiswa Indonesia

user
nugroho 15 Februari 2022, 10:46 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Dalam rangka transfer knowledge, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Bumi (PPSDM Migas) memberikan pelatihan bidang teknologi pemboran dan perawatan sumur migas kepada mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia. Pelatihan yang diberikan tentang Drilling and Workover dan dibuka secara resmi pada Senin (14/2/2022).

Pada pelatihan ini mahasiswa dididik tentang materi bidang migas pada kegiatan hulu migas untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para mahasiswanya untuk mempersiapkan tenaga ahli di bidang perminyakan.

Suratijo, pemimpin pelatihan menjelaskan bahwa pelatihan yang diadakan selama empat hari ini merupakan Batch 1 karena ke depan akan ada lagi Batch selanjutnya yang akan mengikuti pelatihan di PPSDM Migas.

Pada Batch 1 ini, lanjut dia, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan Pemboran untuk level Operator Menara Bor dan Perawatan Sumur dengan level Operator Menara Perawatan dimulai pada tanggal 14 sampai dengan 17 Februari 2022.

"Materi disampaikan oleh pengajar dari PPSDM Migas yang telah berpengalaman baik secara teori dan praktek," ungkapnya ketika dihubungi setelah mengakhiri kelas pada Senin (14/02/22).

Ia juga menambahkan bahwa setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu memahami dan menguasai aspek- aspek pemboran minyak dan gas bumi.

“Selama pelatihan, mahasiswa secara intensif memperoleh materi untuk memahami bidang operasi perawatan sumur yang bertujuan untuk mempertahankan serta menaikkan produksi migas yang meliputi perencanaan kegiatan perawatan sumur, penyiapan unit perawatan sumur, melakukan killing well, perawatan sumur dan penanganan masalah perawatan sumur, mengendalikan dan mengawasi kegiatan perawatan sumur serta evaluasi hasil perawatan sumur,” tambahnya menutup diskusi pada hari itu.(adv/suko)


Kredit

Bagikan