15 Proyek Onstream 2021, Tambah Kapasitas Produksi Migas

user
nugroho 09 Februari 2022, 19:32 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sebanyak 15 proyek migas telah beroperasi atau onstream di 2021 lalu. Capaian ini menjadi catatan bagi bagi SKK Migas meski situasi pandemi Covid-19.

Sebab 15 proyek yang telah onstream dapat menambah kapasitas produksi minyak dan gas (migas) sebesar 18.468 ribu barel oil per hari (BOPD) untuk minyak. Sementara, tambahan kapasitas produksi gas sebesar 746 miliar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno, mengatakan meski dalam situasi pandemi dan berdampak pada pembatasan mobilitas pekerja dan peralatan. SKK Migas dan KKKS berhasil mencatatkan capaian yang sangat baik yakni menyelesaikan proyek di 2021 lalu.

"Pada 2021 realisasi proyek yang onstream mencapai 15 proyek. Yakni dengan investasi sebesar US$ 1,57 miliar atau setara dengan Rp 22,8 triliun," katanya sebagaimana dikutip dari Instragram humasskkmigas.

Dia mengatakan, 15 proyek yang onstream pada 2021 lalu meliputi North Area Jindi South Jambi Block B, EPF Belato2 Selaraya Merangin Dua, Lematang Compression Medco E&P Lematang, EOR Jirak Pertamina EP, WB NAG Compression PetroChina Jabung Ltd, SP Bambu Besar (Asso) Pertamina EP, dan SP Akasia Bagus Pertamina EP.

"Juga, Upgrade Bangadua Pertamina EP, KLD PHE ONWJ, West Pangkah Saka Indonesia Ltd, Sidayu Saka Indonesia Ltd, Gas Supply to RU-V Pertamina Hulu Mahakam, Oil Plant Semberah Pertamina EP, Merakes Eni East Sepinggan dan terakhir Debottlenecking FPU Jangkrik Eni Muara Bakau," katanya.

Menurut dia, KKKS telah belajar dari pengalaman melaksanakan pekerjaan proyek 2020 lalu. Sehingga bisa melakukan adaptasi serta melakukan perbaikan dan peningkatan. Hal ini, ditunjang pula dengan koordinasi dan pengawasan SKK Migas yang semakin efektif melalui integrated operation center (IOC) yang secara berkelanjutan dan modul-modulnya terus bertambah.

"Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas usaha dan kerja keras KKKS dalam menyelesaikan proyek hulu migas di 2021 lalu," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan