PPSDM Migas Latih Pengawas Instrumentasi Medco E&P Natuna

user
nugroho 09 Februari 2022, 18:44 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan Medco E&P Natuna Ltd mengadakan pelatihan Pengawas Intrumentasi.

Arsyadi Hidayat, pemimpin pelatihan dan salah seorang pengajar pelatihan ini menyampaikan tentang tujuan dan materi yang diberikan pada pelatihan Pengawas Instrumentasi selama dua hari  yang dibuka pada hari Senin (31/1/2022).

Arsyadi berharap pelatihan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta sikap untuk persiapan sertifikasi tenaga teknik khusus tingkat pengawas instrumentasi.

"Karena setelah pelatihan akan dilaksanakan ujian sertifikasi selama dua hari yang mencakup ujian teori, wawancara dan praktik dan jika mereka lulus maka akan dinyatakan kompeten dan mendapat sertifikat kompetensi dari LSP PPSDM Migas,” ungkapnya ketika dihubungi melalui pesan singkat seusai pelatihan dilaksanakan.

Ia menjelaskan beberapa materi yang didapat yaitu Instrument Drawing and Tools (drawing dan alat bantu yang digunakan untuk pekerjaan terkait instrumentasi), Process Control System, Programmable Logic Controllers, Distributed Control System, Troubleshooting, Evaluasi, Pelaporan, dan Membagi Tugas.

“Salah satu contohnya adalah pada materi Evaluasi Pelaporan dan Membagi Tugas dijelaskan tentang format perencanaan pekerjaan memuat isi tentang jenis atau tipe pekerjaan, sifat atau level pekerjaan, tenaga pelaksana yang diperlukan, material atau suku cadang yang diperlukan dan juga waktu atau lama pengerjaan dan lainnya," terangnya.

"Selain itu juga membahas tentang kerja sama secara lebih mendalam yaitu pekerjann yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih agar bisa mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan serta disepakati bersama,” tutup Arsyadi.(adv/suko)



Kredit

Bagikan