PPSDM Migas Latih Operator Pemrosesan Gas Bumi

user
nugroho 07 Februari 2022, 10:37 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pemrosesan gas bumi merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk membersikan gas alam mentah. Caranya adalah dengan memisahkan kotoran dan bermacam non-metana hidrokarbon sehingga menghasilkan dry natural gas yang berkualitas.

Begitu pentingnya proses ini menjadikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Pemrosesan Gas Bumi bagi para operator di industri migas pada Senin (31/1/2022).

Risdiyanta, pemimpin pelatihan ini menjelaskan tujuan dan materi secara garis besar selama tiga hari pelatihan.

“Kami mengharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu memahami proses purifikasi gas, proses fraksinasi, proses pencairan gas bumi, operasi penanganan gas, kompresor, flare system, dan K3 di lingkungan kerja,” jelasnya.

Risdiyanta kemudian mencontohkan pada materi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Lingkungan Kerja mengacu pada Undang – Undang No 1 Tahun 1970 mengenai keselamatan kerja.

"Kami menjelaskan bahwa pengertian kecelakaan adalah kejadian yang tidak dikehendaki dan tidak diduga atau secara tiba-tiba yang dapat menimbulkan korban manusia dan atau harta benda. Sedangkan secara resiko sendiri adalah terdiri dari dua dimensi yaitu dimensi akibat (consequence) dan kekerapa (frequency) di mana “Frequency” terdiri dari probabilitas dan paparan,” terangnya.

Selain itu, materi lain yang didapat oleh peserta pelatihan adalah tentang Glycol Storage Tank Design serta bagaimana membersihkan tankinya.

“Peserta juga mendapat tata cara membersihkan tanki yang kegiatan awalnya adalah harus membersihkan tangka dan dikeringkan sebelum digunakan dengan steaming dan dibilas dengan air bersih yang selanjutnya dikeringkan dengan udara kering. Selanjutnya untuk menghindari pembentukan karat, segera mengisikan glikol ke tangka sesegera mungkin untuk mengihindari adanya udara terlarut saat loading glikol ke tangka maka dilakukan purging terlebih dahulu dengan nitrogen,” tutupnya.

Dalam pelatihan ini materi yang diberikan tentang Bahan Kimia dalam Pemrosesan Gas Bumi, LNG Product and Spesification, Gas Fraksinasi, Gas Dehydration, Gas Purification, Gas Liquefaction, dan Operasi Kompressor.(adv/suko)


Kredit

Bagikan