Tingkatkan Kapasitas, HIPPAM Desa Kepohagung dan Jegulo Dapat Pelatihan Manajemen

user
nugroho 04 Februari 2022, 00:39 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Tuban - Operator Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Forum Studi Pengembangan Potensi Daerah (Fospora) melakukan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengelola HIPPAM di dua desa di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pelatihan menjadi bagian penting dalam mengelola organisasi.

Ketua Tim Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Munasir mengatakan, peningkatan kapasitas pengelola HIPPAM diharapkan dapat membuka peluang-peluang tindakan menuju perubahan.

"Misalnya dalam tataran sistem yang menekankan keterlibatan pemerintah dan pemegang kekuasaan. Terutama, dalam mengembangkan sebuah sistem pembangunan yang berpihak kepada masyarakat," katanya, Kamis (3/2/2022).

Dia mengatakan, peningkatan kapasitas HIPPAM di Desa Jegulo, Kecamatan Soko, dan Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, ini untuk pengembangan pengelolaan HIPPAM. Sebab HIPPAM Desa Jegelo masih perlu banyak belajar dari beberapa HIPPAM yang ada di Kapubaten Tuban.

Karena itu, EMCL bersama Fospora bekerjasama dengan tim pengelola HIPPAM Tirto Langgeng Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, melakukan pelatihan peningkatan kapasitas HIPPAM. Hal ini, untuk memberikan pemahaman mengenai pengelola HIPPAM Asmara Dana dan HIPPAM Tirto Agung tentang sistem pengelolaan manajemen, administratif, keuangan, dan keorganisasian HIPPAM.

"Pelatihan ini diikuti sekitar 25 orang terdiri dari Tim Pengelola HIPPAM Asmara Dana dan HIPPAM Tirto Agung, EMCL, serta Yayasan FOSPORA," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bisa menjadi proses belajar bagi para pengelola HIPPAM agar kapasitas pengelolaannya menjadi lebih baik dan dapat dirasakan manfaatnya bagi warga desa.

“Mudah-mudahan pelatihan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas nantinya termasuk para pengelola HIPPAM desa," jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan EMCL, Slamet Rijadi yang merupakan inisiator pendukung penuh program ini menjelaskan, pelatihan ini merupakan komitmen EMCL dalam mendukung penuh pemberdayaan masyarakat yang positif.

“Dengan adanya pelatihan manajemen HIPPAM ini mudah-mudahan antar pengelola HIPPAM bisa saling berbagi ilmu yang bermanfaat. Kegiatan ini memberikan pemberdayaan berupa capacity building kepada tim pelaksana dalam rangka pengembangan pengelolaan HIPPAM," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan