PPSDM Migas Latih Supervisor Listrik Migas dari Medco E&P Indonesia

user
nugroho 03 Februari 2022, 17:17 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) telah menyelenggarakan pelatihan Supervisor Listrik Migas yang bekerja sama dengan Medco E&P Indonesia yang dibuka pada Senin (31/01/22).

Djoko Santoso, pemimpin pelatihan ini mengharapkan mereka dapat memahami bagaimana pengoperasian listrik di industry migas.

“Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapapkan dapat menjelaskan peralatan yang dioperasikan dan penerapan sistem listrik di industri minyak dan gas bumi,” ungkapnya ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Kamis (3/2/2022).

Djoko mengungkapkan pelatihan ini mengupas secara spesifik mengenai materi Peraturan Perundangan & K3 Listrik, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pemeliharaan Peralatan peserta mendapatkan pengetahuan tentang peran dan fungsi manajemen Sumber Daya Manusia yaitu mengenai perencanaan, rekrutmen dan seleksi, seleksi tenaga kerja, pelatihan, pengembangan dan penilaian prestasi, memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai (compensation dan protection) dan promosi, pemindahan dan pemisahan promosi.

“Selain itu, untuk materi Analisa dan Troubleshooting Gangguan Generator & Perencanaan Pemeliharaan Generator dijelaskan mengenai In Service Measurement – Pemeriksaan Sound Level yang meliputi fluks magnet pada bahan feromagnetik ini transformer menyebabkan inti terpengaruh oleh medan magnet yang disebut magnetostriction yaitu peristiwa perubahan bentuk suatu bahan feromagnetik saat dikenai suatu medan magnet. Efek ini dapat menyebabkan rugi-rugi karena pemanasan pada inti bahan feromagnetik dan dapat menimbulkan noise pada tranformator,” jelasnya.

Sedangkan pada materi Analisa dan Troubleshooting Gangguan Switchgear & Perencanaan Pemeliharaan Switchgear dijelaskan tentang manfaat switchgear adalah menghubungkan dan memutuskan sisi tenaga listrik dengan sisi beban.

"Selain itu, switchgear juga menghubungkan dan memutuskan sumber tenaga listrik dengan peralatan listrik yang lain. Sedangkan manfaatnya yang lain adalah menghubungkan jaringan listrik utama dengan jaringan listrik cabang,” tambah Djoko.

Beberapa penambahan materi lainnya adalah tentang Analisa dan Troubleshooting Gangguan HVAC, Lightning Grounding, Lighting System & Perencanaan Pemeliharaan HVAC, Lightning Grounding, Lighting System, Analisa dan Troubleshooting Gangguan Electric Motor & Perencanaan Pemeliharaan Electric Motor, Analisa dan Troubleshooting Gangguan Transformator & Perencanaan Pemeliharaan Transformator, serta Analisa dan Troubleshooting Gangguan UPS & Perencanaan Pemeliharaan UPS.(adv/suko)


Kredit

Bagikan