ASN Kementerian ESDM Dilatih Introduksi Migas di PPSDM Migas

user
nugroho 31 Januari 2022, 11:54 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Industri minyak dan gas bumi (Migas) merupakan salah satu industri yang paling penting di dunia karena menghasilkan energi untuk pemenuhan kebutuhan yang terus meningkat dari hari ke hari.

Sebagai kementerian yang khusus menangani energi dan sumber daya mineral, sudah semestinya Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) mengenal dan memahami kegiatan industri ini.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Introduksi Migas selama lima hari yang dimulai dari Senin (24/1/222).

M. Ridwan Ansyori, pemimpin pelatihan dan salah satu pengajar pelatihan ini menyampaikan bahwa sudah seharusnya ASN KESDM mengenal industri migas.

“Pada pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk mengetahui gambaran industri migas secara umum meliputi hulu, hilir, dan penunjang," ujarnya.

Dijelaskan megiatan hulu migas terdiri dari kegiatan eksplorasi dan produksi. Dari semua tahapan eksplorasi ini bertujuan untuk menemukan cadangan minyak yang ekonomis dan layak untuk dikembangkan. Sedangkan produksi adalah kegiatan untuk mengangkat migas ke permukaan bumi.

"Dengan harapan semakin banyak cadangan dan kegiatan produksi migas maka semakin banyak pemasukan bagi APBN,” ungkapnya.

Pelatihan yang diadakan selama 40 JP ini, peserta mendapat materi baik itu secara teori ataupun praket berupa Eksplorasi Migas, Pemboran Migas, Produksi Migas, Pengetahuan Produk Migas, Pengolahan Minyak Bumi, Pemrosesan Gas Bumi, Pengetahuan Produk Migas, Niaga, Suplai dan Distribusi Sub Materi: Niaga, Suplai dan Distribusi, serta Kunjungan Lapangan Migas untuk mengetahui kondisi real di lapangan.(adv/suko)


Kredit

Bagikan